Komisi I Minta Minta Perbup Terkait Hak Asal Usul Desa Diseriusi Pihak Eksekutif

Perbup tersebut bisa diatur yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, serta kegiatan pembangunan, dan keuangan desa.

Istimewa
Komisi I Minta Minta Perbup Terkait Hak Asal Usul Desa Diseriusi Pihak Eksekutif 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), minta rancangan Peraturan Bupati (Perbup) terkait kewenangan hak asal usul desa yang sedang digodok bisa lebih diseriusi.

"Secara terbuka, kami meminta Perbup dapat diseriusi oleh pihak eksekutif. Hal ini menyangkut dengan banyaknya kepentingan masyarakat," ujar Ketua Komisi I DPRD Mitra Artly Kountur saat dikonfirmasi Minggu (16/2/2020).

Lanjut menurutnya, dalam Perbup tersebut bisa diatur yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, serta kegiatan pembangunan, dan keuangan desa.

"Komisi I kami, mengusulkan dalam Perbup yakni kewenangan hak asal usul desa agar nantinya bakal ada reward dan punishment. Untuk masalah rekanan atau supplier, kami minta harus ada tim investigasi dari Dinas terkait yakni PMD, agar melakukan kajian terkait uji petik di lapangan," terang Kountur.

Ia menambahkan, rekomendasi ini bakal di sampaikan kepada pimpinan DPRD, yang nantinya diteruskan kepada eksekutif, dalam hal ini kepada Bupati James Sumendap.

"Tentunya apa yang menjadi rekomendasi kami dalam hal ini Komisi I, akan diteruskan kepada pimpinan Dewan hingga ke Bupati. Nantinya bakal dijalankan instansi terkait," tutur Politisi PDIP ini.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Mitra, Royke Lumingas mengatakan, saat ini pihaknya sementara merampungkan Perbup kewenangan hak asal usul desa.

"Saat ini kami sementara dalam proses penyusunan terkait Perbup tersebut. Selain itu, kita juga sementara berkonsultasi langsung dengan Dirjen bina pemerintah desa terkait kelnjutannya," jelas Lumingas. (Ano)

 2 Kasus Pembunuhan, Ayah Tak Sengaja Tikam Anak Hingga Tewas, Senjata Makan Tuan Tewaskan Pemuda

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved