News

Harga Masker N95 Mahal, Menteri Kesehatan Terawan Salahkan Warga Indonesia, Ternyata Karena Ini

Warga Indonesia yang sehat tak perlu menggunakan masker N95. Demikian ditegaskan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Harga Masker N95 Mahal, Menteri Kesehatan Terawan Salahkan Warga Indonesia, Ternyata Karena Ini
Wartakotalive.com/Rangga Baskoro
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, Makasar, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Warga Indonesia disalahkan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang memakai masker N95 sehingga harganya terus melambung.

"Masker (mahal), salah mu sendiri, kok beli ya," ujar Terawan Agus Putranto di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020).

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengomentari melonjaknya harga masker N95 yang masih tinggi di pasaran.

Menurut Terawan, masker N95 yang kini harganya mencapai Rp 2-1,5 juta per boks, tak perlu digunakan oleh masyarakat yang masih sehat, khususnya di Indonesia.

"Enggak usah (pakai), masker untuk yang sakit (saja). Tadi Pak Rani dari WHO bilang enggak ada gunanya (bagi orang sehat)," ujar Terawan.

Berdasarkan catatan Wartakotalive.com, selama ini banyak warga Indonesia yang memakai masker N95 meski dalam keadaan sehat.

Mereka memakai Masker N95 itu karena khawatir tertular Virus Corona.

Terawan menambahkan, "Itu untuk yang sakit supaya tidak menulari orang lain kalau sakit. Tapi yang sehat enggak perlu."

Menkes pun menilai tingginya harga masker terjadi lantaran masyarakat terlalu berlebihan menanggapi pemberitaan mengenai virus corona atau Covid-19.

Hingga saat ini, kata Terawan, belum ada warga yang teridentifikasi terjangkit Virus Corona di Indonesia.

Ia pun mengharapkan agar harga masker N95 kembali turun dengan sendirinya apabila masyarakat menyadari bahwa mereka kini tak perlu lagi mengenakan masker.

Terlebih lagi setelah 285 peserta observasi Natuna dinyatakan telah bebas dari bahaya virus corona.

"Itu kan pasar begitu, kalau dibutuhkan banyak, harga naik. Kalau orang nyari, malah justru makin mahal, kan begitu. Tapi kalau enggak ada yang nyari, turun sendiri harganya," ucap Terawan. (abs)

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul MENKES Terawan Salahkan Rakyat Indonesia yang Pakai Masker N95:Nggak Usah Pakai Masker Kecuali Sakit

Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved