Terdeteksi Radiasi Nuklir, di Sekitaran Perumahan Batan Indah, Penelitian Terus Dilakukan Petugas

Badan Pengawas Tenaga Nuklir ( Bapeten) telah mengidentifikasi adanya radiasi nuklir yang terpapar di lahan kosong

Terdeteksi Radiasi Nuklir, di Sekitaran Perumahan Batan Indah, Penelitian Terus Dilakukan Petugas
KOMPAS.com
Muhamad Isa Bustomi Sekretaris Utama Bapeten, Hendrianto Hadi Tjahyono mengatakan, selain penganbilan sempel tanah Bapetan juga menebang pohon dalam mengetahui jenis keberadaan radioaktif yang dugaan sementara ini merupakan cesium 137. Hal tersebut dilakukan saat melakukan menijauan di di Perumahan Batan Indah, Pademangan, Setu,Tangsel, Sabtu (15/2/2020). 

TRUBUNMANADO.CO.ID, -Badan Pengawas Tenaga Nuklir ( Bapeten) telah mengidentifikasi adanya radiasi nuklir yang terpapar di lahan kosong 

Radiasi tersebut ditemukan di sekitaran Kawasan Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan.

Sampai saat ini telah teridentifikasi ada di lima titik pengambilan tanah yang terpapar untuk mendeteksi jenis serpihan radioaktif tersebut.

Sekretaris Utama Bapeten, Hendrianto Hadi Tjahyono mengatakan, bukan hanya penganbilan sempel tanah, Bapetan juga melakukan penebangan pohon untuk mengetahui jenis keberadaan radioaktif yang diduga sementara ini merupakan cesium 137.

"Karena itu pada saat kita temukan (serpihan radioaktif) kita menggali sumber ada lima titik sumber. Dan telah kita angkat tanah dan kita simpan di limbah milik Batan," kata Hendrianto di lokasi, Sabtu (15/2/2020).

Namun, sebelum melakukan penebangan pohon dan menggali tanah, Bapetan telah melakukan tahapan awal dengan memberikan garis kuning peringatan di lokasi.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pencegahan kepada masyarakat agar tidak mendekati lokasi yang terpapar radiasi radioaktif tersebut.

"Pertama kali yang kita dahulukan adalah penyelamatan daerah sini dulu dan lingkungan untuk menyelamatkan masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, kemuculan radiasi tersebut diketahui saat Bapeten melakukan uji fungsi dengan target area meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong, pada 30 dan 31 Januari 2020.

Secara umum, nilai paparan radiasi lingkungan pada daerah pemantauan menunjukkan nilai normal (paparan latar).

Namun, pada saat dilakukan pemantauan di lingkungan Perumahan Batan Indah, ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi di lingkungan area tanah kosong di samping lapangan voli blok J.(*)

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Batan Identifikasikan di Kawasan Perumahan Ini Terdeteksi Terpapar Radiasi Nuklir, https://bangka.tribunnews.com/2020/02/15/batan-identifikasikan-di-kawasan-perumahan-ini-terdeteksi-terpapar-radiasi-nuklir.

Subscribe Youtube Channel Tribun Manado:

Editor: Bravi Pangajouw
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved