Penelitian Menunjukkan Mencium Aroma Tubuh Pasangan Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tak hanya memberikan rasa aman, ternyata mencium aroma tubuh pasangan bisa membuat tidur lebih nyenyak. Berikut penjelasannya.

Penelitian Menunjukkan Mencium Aroma Tubuh Pasangan Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mencium wangi tubuh seseorang, terlebih orang yang kita kenal akan membuat kita lebih mengingat sosok tersebut, bahkan bisa membuat kita merasa lebih nyaman.

Sebuah riset psikologi terbaru dari University of British Columbia (UBC) bahkan menemukan aroma tubuh pasangan bisa membuat kita tidur lebih nyenyak.

Seperti dilansir dari Eurekalert, para peneliti menemukan bahwa peserta studi yang terpapar aroma pasangan mereka semalaman cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Manfaat yang sama juga dirasakan bahkan meskipun pasangan mereka tidak hadir secara fisik.

"Temuan kami memberikan bukti baru bahwa tidur dengan aroma pasangan meningkatkan efisiensi tidur. Peserta kami memiliki peningkatan efisiensi tidur rata-rata lebih dari 2 persen," kata Marlise Hofer, penulis utama studi dan mahasiswa pascasarjana di departemen psikologi UBC.

Para peneliti juga melihat efek serupa dengan suplemen melatonin oral yang biasa dikonsumsi seseorang sebagai bantuan tidur.

Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisa data tidur dari 155 peserta yang diberi dua kaos untuk digunakan sebagai sarung bantal.

Salah satu kaos sebelumnya telah dipakai oleh pasangan mereka dan lainnya pernah dipakai oleh orang asing atau bersih.

Untuk menangkap aroma tubuh pasangan di kaos, pasangan para peserta diberikan kaos bersih untuk dipakai selama 24 jam dan diminta untuk tidak menggunakan deodoran atau produk tubuh beraroma, merokok, berolahraga dan makan makanan tertentu yang dapat mempengaruhi bau badan mereka.

Kaos itu kemudian dibekukan untuk menjaga aromanya.

Halaman
12
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved