Jokowi Telepon Presiden Xi Jinping: Tawarkan Bantuan Tangani Virus Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pembicaraan lewat telepon dengan Presiden China Xi Jinping, Selasa malam.

Jokowi Telepon Presiden Xi Jinping: Tawarkan Bantuan Tangani Virus Corona
Kompas.com
Presiden Joko Widodo memberikan pidato di hadapan Parlemen Australia di Dewan Perwakilan Rakyat di Canberra, Australia, Senin (10/2/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pembicaraan lewat telepon dengan Presiden China Xi Jinping, Selasa malam. Jokowi menawarkan bantuan ke Xi Jinping dalam penanganan wabah coronavirus disease that was discovered in 2019 (COVID-19) atau virus corona menewaskan lebih 1.100 warga negaranya.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (12/2).

Binaragawan 72 Tahun Tewas Akibat Virus Corona, Keras Kepala Menolak Memakai Masker

Jokowi juga menyampaikan duka cita atas para korban. "Jadi, tadi malam (kemarin malam) jam 19.30 WIB saya berbicara melalui telepon dengan Presiden RRT (China), Presiden Xi Jinping. Yang pertama saya sampaikan duka cita kepada korban virus Corona yang ada di Tiongkok," kata Jokowi.

Dalam pembicaraan itu, Jokowi juga menyampaikan kepada Xi Jinping bahwa Indonesia akan selalu berada bersama China dalam masa sulit seperti sekarang ini. Ia yakin pemerintah dan warga China bisa segera keluar dari masalah wabah virus corona.

"Saya menawarkan apabila diperlukan bantuan-bantu untuk mempercepat penanganan, saya bilang Indonesia siap untuk memberikan bantuan," ujar Jokowi.

Saat evakuasi 238 WNI dari provinsi Hubei pada 1 Februari lalu, pesawat penjemput milik Batik Air dari pemerintah Indonesia itu juga membawa sejumlah peralatan kesehatan untuk China, seperti ribuan masker dan surgical unit.

Kantor media di China, CGTN memberitakan Presiden Xi Jinping yang menelepon Presiden Jokowi.
Xi berusaha menyakinkan Jokowi bahwa China akan mampu melewati masa sulit wabah virus korona yang telah merenggut nyawa lebih 1.100 orang ini.

Xi juga mengapresiasinya pemerintah Indonesia atas dukungan dan bantuan selama penanganan wabah virus corona. "Sebagai sesama negara berkembang, China dan Indonesia, harus bergandengan tangan bersama demi mencapai kemajuan yang baru," ujar Xi Jinping.

Dalam pembicaraan via telepon itu, Xi dan Jokowi juga membahas sinergi pembangunan antara Indonesia dan China.

Hingga kemarin, jumlah korban meninggal akibat terinfeksi virus corona mencapai 1.114 orang. Sementara jumlah penderita atau yang terinfeksi virus mematikan itu lebih dari 45 ribu orang di 28 negara.

Zulkifli Hasan Kembali Nahkodai PAN, Sehan Landjar Bakal Bersih-bersih Sejumlah Ketua DPD Pembelot

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved