Pilkada 2020

Peluang ODSK di Pilgub 2020, Taufik Tumbelaka : Ingin Ada Kesinambungan Pembangunan yang Tegas

Taufik Tumbelaka, pengamat politik Sulawesi Utara (Sulut) memberikan pandangannya mengenai duet Olly Dondokambey Steven Kandouw (ODSK) dalam Pilgub

Peluang ODSK di Pilgub 2020, Taufik Tumbelaka : Ingin Ada Kesinambungan Pembangunan yang Tegas
Istimewa
Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Taufik Tumbelaka, pengamat politik Sulawesi Utara (Sulut) memberikan pandangannya mengenai duet Olly Dondokambey Steven Kandouw (ODSK) dalam Pilgub 2020.

"Jika benar nantinya resmi keluar keputusan PDI Perjuangan (PDIP) tetap mengandalkan duet ODSK untuk kembali bertarung di Pilgub Sulut tahun 2020, maka menunjukan PDIP Sulut bukan keyakinan probabilitas peluang," katanya, Rabu (12/02/2020).

Menurutnya, tetapi juga ingin ada kesinambungan pembangunan yang tegas melalui duet yang dianggap sudah teruji kekompakan untuk saling mengisi selama sekitar 4 tahun berjalan.

"Sinyal PDIP Sulut untuk tetap memasang ODSK tentunya menunjukan kepercayaan diri yang kuat dan tentunya secara internal akan menguntungkan," terang Taufik.

Ini Penjelasan Pengamat Taufik Tumbelaka Terkait Konstelasi Pilkada 2020 di Sulut

Ia menyatakan, hal ini dikarenakan persiapan para kader dapat lebih awal dilakukan jika dibanding partai politik (parpol) lain yang sampai saat ini masih berkutat meramu figur-figur yang akan diajukan sebagai kandidat.

"Dapat dikatakan PDI Perjuangan sebagai petahana mendapat kesempatan 'mencuri start' lebih awal dan ada kesempatan untuk lebih fokus mengolah 7 pilkada kabupaten kota lainnya," ucapnya.

Taufik menjelaskan, melihat konstelasi di luar PDIP Sulut saat ini maka publik masih akan menunggu apa langkah politik parpol lain seperti Partai Nasdem, Partai Golkar dan lainnya.

"Para pesaing PDIP nampaknya akan berhitung ekstra keras guna mengambil pilihan politiknya dengan coba melakukan dan memahami strategi apa yang akan dilakukan partai moncong putih itu," ujar pengamat politik itu.

Begini Penampakan Kota Wuhan dari Satelit saat Wabah Virus Corona, Warnanya Merah Menyala

Ia menuturkan, karena sudah pasti pemilihan duet ODSK telah melalui pertimbangan sangat matang dengan juga memperhatikan kemungkinan skema-skema yang akan diambil lawan politik.

"Jika mencermati lawan politik nampak dari beberapa figur yang akan maju sebagai bakal kandidat akan memainkan salah satu pilihan harmoni politik dalam arti mengakomodir kekuatan politik tiga zona yang ada di Sulut," jelasnya.

Lanjutnya, tiga zona itu adalah zona Nusa Utara, zona Bolmong dan zona tengah Minahasa serta keseimbangan agama dalam upaya memperkuat probabilitas peluang kemenangan.

"Ke depan akan dilihat pertarungan penerapan strategi dan kesolidan tim pemenangan, perlu ekstra kerja keras karena tentunya PDIP Sulut membuktikan dominasinya dalam pemilu legislatif sebagai parpol terkuat di Sulut," pungkas Taufik. (Ang)

Ayo Hadiri Kegiatan Perlombaan Memperingati 4 Tahun OD-SK Memimpin Sulut Hebat

Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved