Nasional

Impor Barang Dari China Masih Dilakukan di Indonesia, Petugas Pastikan Aman, Belum Tersentuh Corona

Daerah ini masih mengimpor barang dari China, katanya barang yang diimpor masih bebas dari virus corona.Pastikan pemeriksaan ketat sudah dilakukan.

Impor Barang Dari China Masih Dilakukan di Indonesia, Petugas Pastikan Aman, Belum Tersentuh Corona
tribunjateng/agus iswadi
Lapak bawang putih milik Pariyem, pedagang di Pasar Jungke Kecamatan Karanganyar, Rabu (5/2/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada daerah yang masih mengimpor bahan dari China di tengah-tengah kabar mengenai penyebaran Virus Corona.  

Yang diimpor dari China adalah bawang putih. Petugas memastikan bawang putih yang diimpor tersebut sudah melalui pemeriksaan ketat. 

Bawang putih impor yang beredar di pasaran di Jawa Tengah.

Kasi Karantina Tumbuhan, Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Semarang, Cisilia Tri Widiyanti memastikan komoditas bawang putih yang beredar di Jateng sudah melalui tahap pemeriksaan sehingga aman, bebas dari penyakit.

"Bawang putih masuk ke Jateng lewat Surabaya. Barang yang sudah dikeluarkan, sudah dicek fisik maupun uji laboratorium. Virus Corona belum sentuh barang holtikultura," kata Cisilia Tri Widiyanti.

Kasubdit Industri, Perdagangan dan Investasi Ditreskrimsus Polda Jateng AKBP Benny Setyowadi menyebut, masyarakat tak perlu khawatir terkait harga bawang putih. Dari pantauan, harga bawang berangsur normal.

"Sampai saat ini belum ada indikasi penimbunan. Stok masih aman, harga pun stabil. Kami dari Satgas Pangan akan terus melakukan pemantauan. Hingga saat ini belum ditemukan indikasi ada penimbunan," tambah Benny.

Senin (10/2/2020) lalu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah juga sudah melakukan sidak di beberapa pasar. Hasilnya harga bawang putih masih bisa dikendalikan dan cenderung turun.

Kabid Perdagangan dalam Negeri Disperindag Provinsi Jawa Tengah Mohammad Santoso mengatakan, inspeksi dilakukan menindaklanjuti kenaikan bawang putih beberapa hari belakangan.

Masyarakat menduga kenaikan bawang putih terkait virus corona.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved