Berita Bolmong

Dinas Perdagangan dan ESDM Fasilitasi IKM Bolmong

Perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai menunjukan peningkatan

Dinas Perdagangan dan ESDM Fasilitasi IKM Bolmong
Istimewa
Dinas Perdagangan dan ESDM Fasilitasi IKM Bolmong 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai menunjukan peningkatan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bolmong Tonny Toligaga mengatakan pihaknya akan memfasilitasi pertumbuhan IKM yang sedang berkembang tersebut.

Menurutnya Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan fasilitasi, namun harus berbasis kebutuhan. Makanya kita perlu melakukan identifikasi agar efisien dan efektif dalam memfasilitasinya,

“Tak hanya dapat menciptakan lapangan kerja, namun juga dapat memberi efek berantai yang baik bagi masyarakat sekitar. Di antaranya kepada penyedia bahan baku, pelanggan, tukang ojek, serta yang lainnya yang ada di sekitar IKM tersebut,” jelasnya.

Ayo Hadiri Kegiatan Perlombaan Memperingati 4 Tahun OD-SK Memimpin Sulut Hebat

Toligaga meminta IKM Agar dapat merambah pasar yang lebih besar karena produk yang dihasilkan bersifat otentik, dan masih kurang dimiliki daerah lain,

“Tentu jenis usahanya harus sama, daerah yang sama, dan menggunakan komoditi yang sama. Hal ini dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan pasar yang tinggi, dan juga untuk menghindari persaingan lokal antar pelaku IKM yang mempunyai kesamaan,” katanya.

Sementara itu, salah satu agenda penting pada tahun ini adalah menjadikan area Desa Lobong dan sekitarnya menjadi sentra produksi nanas.

Guru Cabul Bolmong Bakal Jadi Orang Pertama di Sulut yang Dihukum Kebiri

“Hasil olahan nanas banyak jenisnya, dan juga tingkat kebutuhannya tinggi. Nah untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita akan jadikan Desa Lobong dan sekitarnya menjadi sentra produksi nanas di Bolmong,” Tungkasnya.

Diketahui, pada tahun 2019 lalu, Dinas Perdagangan dan ESDM Bolmong telah memfasilitasi beberpaa IKM, di antaranya, IKM yang memproduksi gula aren, kripik kentang, produk hasil olahan kelapa, bawang goreng, dan produk hasil olahan nanas.(art/rls)

WHO: Vaksin Virus Corona Akan Tersedia 18 Bulan Lagi, 400 Lebih Peneliti Turun Tangan

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved