Canangkan Sejuta Ton Jagung Lokal: Gubernur Panen Perdana Bibit Jagung

Sulawesi Utara mengembangkan pembibitan jagung untuk menopang produksi jagung. Kesuksesan memproduksi jagung khusus untuk bibit

Canangkan Sejuta Ton Jagung Lokal: Gubernur Panen Perdana Bibit Jagung
KOLASE TRIBUNMANADO/FACEBOOK ANTHONY PURUKAN
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey ikut panen perdana jagung di Perkebunan Desa Kolongan, Minahasa Utara, Selasa (11/2/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sulawesi Utara mengembangkan pembibitan jagung untuk menopang produksi jagung. Kesuksesan memproduksi jagung khusus untuk bibit ini ditandai dengan panen perdana yang dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey di perkebunan Desa Kolongan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (11/2/2020).

Hujan deras sempat mengguyur wilayah Minut. Lahan perkebunan jagung tempat diselenggarakannya panen bersama itu jadi berlumpur. Hujan masih merintik, ketika Gubernur Olly tiba di lokasi.

Andre Klarifikasi Tiga Jam: Menghadap Mahkamah Kehormatan Partai Gerindra  

Olly menerobos lumpur mengenakan sepatu boot, lengkap dengan tolu, sebutan untuk tapi khas petani. Sebelum memetik jagung, Olly bertemu dengan sejumlah kelompok tani, mulai dari kelompok petani, kelompok peternak hingga penerima KUR.

Kesempatan itu dimanfaafkan Gubernur membagi beragam bantuan. Petani kebagian bibit jagung, alat-alat pertanian. Kelompok peternak kebagian bantuan sapi.

Ada petani dan peternak mendapat kucuran dana Kredit Usaha Rakyat dari Bank Mandiri, BNI dan BRI. Semua penerima pun senyum semringah, sembari mengabadikan momen dengan foto bersama.

Acara dilanjutkan dengan panen jagung, Gubernur Olly melangkahkan kaki masuk ke kebun jagung. Tanaman jagung sudah mengering menyisakan buah matang siap dipetik.

Setelah memetik beberapa jagung secara simbolis, Gubernur berpindah ke area ternak sapi. Ada 4 ekor sapi betina siap diinseminasi. Gubernur sebagai seorang petani sekaligus peternak tahu betul tips dan trik inseminasi, bahkan memberi arahan yang benar.

Usai kegiatan lapangan itu, Gubernur menjelaskan, pemerintah akan menggenjot produksi jagung lokal. Dari 30.000 hektare lahan ditanami jagung tahun lalu, naik diperluas hingga 50.000 hektare lahan.

Sulut tak hanya jadi daerah penghasil jagung, tapi makin dikembangkan lebih spesifik menjadi sentra produksi bibit jagung. "Pusat mengusulkan salah satu pilot project pengadan bibit jagung lokal," kata dia.

Jika berhasil berkembang, maka Indoenesia tak tidak akan tergantung lagi dengan pasokan bibit negara lain. "Saya optimistis bisa buat bibit jagung lokal sendiri," kata dia.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved