Olly Ikut Tentukan Nasib 52 Calon PDIP: Cari Formula untuk Pilkada Manado

Calon kepala daerah PDIP menunggu undangan fit and proper tets (uji kelayakan dan kepatutan) dan psikotes

Olly Ikut Tentukan Nasib 52 Calon PDIP: Cari Formula untuk Pilkada Manado
istimewa
Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey mendampingi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat penutupan Rakernas I PDIP di Jakarta, Minggu (12/1/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Calon kepala daerah PDIP menunggu undangan fit and proper tets (uji kelayakan dan kepatutan) dan psikotes dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP. Sebanyak 52 figur bersaing untuk menjadi calon kepala daerah. Mereka sudah melalui proses penjaringan untuk diusung di 7 kabupaten dan kota yang menggelar pilkada di Sulawesi Utara.

Wawancara Eksklusif Petahana Manado: Mor Tertawa Bicara Pendamping

Tim Penjaringan Kepala Daerah PDIP Sulut, Lucky Senduk mengatakan, nama-nama yang mendaftar sudah diajukan ke DPP, menanti proses penyaringan. Satu di antara tahap yang sementara berlangsung, yakni fit and proper test dan psikotes. Setiap calon kepala daerah yang diusung PDIP harus melalui tahapan ini. "Kita tinggal menunggu jadwal dari DPP. Tergantung Pak Ketua (Olly Dondokambey). Kan Pak Ketua juga pengurus DPP (bendahara umum)," ujar dia, Senin (10/2/2020).

Apakah calon akan ikut FPT dan psikotes di pusat (Jakarta) atau ditarik ke Sulut, kata Senduk, masih menunggu. "Kita menanti pemberitahuan DPP, " ujar Wakil Ketua DPD PDIP Sulut ini.

DPD sudah mengirimkan berkas calon kepala daerah ke DPP. Mereka adalah figur yang diundang DPD PDIP Sulut untuk mendaftar sebagai calon. "Tinggal tunggu penyampaian balik, " kata dia. "Biasa ada beberapa kemungkinan. Pertama, apa semua yang diundang DPD waktu pendaftaran akan undang semuanya ikut FPT," katannya.

Kedua, DPP putuskan hanya sekian orang yang diundang ikut FPT. Ketiga, atau ada tambahaan calon dari DPP yang belum mendaftar di DPP. "Tambahan itu biasanya penugasan partai. Tidak diundang DPD, tapi tetap ikut FPT karena ditugaskan DPP," ujar Wakil Ketua DPD PDIP Sulut ini.
Lanjut dia, kemungkinan calon lain yang muncul tetap ada, penugasan DPP bisa menyasar ke siapa saja semisal kepala daerah atau anggota DPRD.

Khusus Kota Manado, DPD PDIP mengusulkan 14 nama, 6 dari internal PDIP, sisanya dari figur eksternal. Di samping menanti jadwal FPT dan psikotes, PDIP juga sementara melakukan survei calon yang berpotensi diusung. Wakil Ketua DPD PDIP Sulut, Ferry Wowor menambahkan, PDIP menggunakan dua lembaga survei yang kredibel untuk survei calon. "Nanti hasilnya juga turut menentukan pasangan yang akan diusung," ujar Ketua Olly Dondokambey Center ini.

Sementara itu, Keluarga Lumentut-Runtuwene digadang maju Pilkada Serentak. Wali Kota Manado GSV Lumentut sedang bersaimg maju Pilgub 2020. Sang istri yang juga Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Julyeta Paulina Amelia Runtuwene digadang maju Pilwako Manado 2020. Tak hanya itu, sang anak Kristo Ivan Lumentut termasuk figur alternatif yang juga digadang di Kota Manado.

Dinkes Sulut: Balita Cina Negatif Corona, Ini Up Date Korban

Alat peraga kampanye Julyeta sudah tersebar di sejumlah titik strategis Kota Manado. Sementara nama Kristo wara-wiri di media sosial. Bunda Paula, demikian disapa diproyeksi maju lewat jalur perseorangan. Soal peluang majunya sang Istri, Lumentut tak menampik. Ia mendukung dengan sejumlah pertimbangan. Di samping itu, Lumentut juga digadang maju di Pilgub 2020. "Lihat nantinya, tidak mungkin dua-dua ikut,'' ujarnya.

Lumentut mengatakan, jika ia diusung sebagai calon gubernur, maka istrinya tidak akan maju Pilkada Manado. Sebaliknya, jika ia tidak diusung partai, maka sang istri yang akan maju pilkada. "Mau dari jalur partai atau jalur perseorangan, cuma satu yang akan ikut. Kalau saya ikut, berarti ibu tidak, kalau saya tidak berarti ibu yang ikut. Kalau dua-dua, namanya serakah," ungkapnya.

Jika Paula dapat dukungan suami, tidak untuk Kristo, sang anak. Kristo termasuk figur alternatif yang digadang maju Pilkada Manado. "Saya sejak awal menegaskan, tidak ingin anak saya dibentuk dengan pemaksaan,” katanya.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved