Soal Pilwako Manado, Taufik Tumbelaka: Semua Kekuatan Politik Sangat Berhati-hati

Taufik Tumbelaka sebagai pengamat politik Sulawesi Utara memberikan tanggapan terkait persiapan partai politik di Pilwako Manado 2020

Soal Pilwako Manado, Taufik Tumbelaka: Semua Kekuatan Politik Sangat Berhati-hati
tribunmanado.co.id/Arthur Rompis
Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Taufik Tumbelaka sebagai pengamat politik Sulawesi Utara (Sulut) memberikan tanggapan terkait persiapan partai politik (parpol) di Pilwako Manado 2020.

"Menghadapi Pilwako Manado nampak semua kekuatan politik sangat berhati-hati," katanya kepada Tribun Manado, Senin (10/02/2020).

Menurutnya, sikap politik dari semua partai politik yang sampai saat ini belum secara jelas mengumumkan siapa bakal kandidat wali kota dan wakil wali kota Manado yang akan diusung.

"Nampak jelas semua parpol mengambil sikap 'wait and see', menunggu dan melihat konstelasi serta dinamika politik yang ada," tambah dia.

Mor Bastiaan Siap Maju Sebagai Calon Wali Kota Manado 2020

Ia menjelaskan, hal ini juga dilakukan oleh PDI Perjuangan (PDIP) Kota Manado yang notabene sukses di Pemilu Legislatif lalu muncul sebagai yang teratas.

"PDIP terlihat berupaya melakukan kalkulasi politik secara hati-hati karena sejarah politik di mana belum pernah sukses meraih kemenangan dalam Pilwako Manado," terangnya.

Pengamat politik itu menyatakan, ada fakta politik di mana sang wali kota Manado saat ini Godbless Sofcar Vicky Lumentut (GSVL) mempunyai pengaruh kontestasi nantinya.

"Faktor GSVL tidak bisa dipungkiri dikarenakan perolehan kursi partai Nasdem di DPRD Kota Manado tidak lepas dari peran GSVL," ungkapnya.

Selain itu, tidak bisa pula diabaikan perolehan kursi Partai Demokrat (PD) ada pengaruh GSVL.

Hal ini dikarenakan para calon legislatif Demokrat waktu itu adalah kader-kader yang relatif merupakan orang-orang andalan GSVL di PD kota Manado.

Halaman
12
Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved