Berita Boltim

Kadis PMD Uyun Pangalima: Akan Ada Perubahan Pola Pada Pencairan Dana Desa Tahun ini

kan ada perubahan pola pada pencairan Dana Desa pada tahun 2020. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Uyun Pangalima

Kadis PMD Uyun Pangalima: Akan Ada Perubahan Pola Pada Pencairan Dana Desa Tahun ini
Tribun manado / Siti Nurjanah
Kadis PMD Boltim Uyun K Pangalima 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Akan ada perubahan pola pada pencairan Dana Desa (DD) pada tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Uyun K Pangalima.

Menurutnya, perubahan pola tersebut bwrkaca pada DD pada tahun 2019 dan kegiatan DD sangat dipengaruhi oleh peraturan-peraturan pelaksanannya.

”Peraturan yang diturunkan oleh Kementrian Desa (Kemendes) dan Kementrian Keuangan (Kemenkeu) itu sangat mempengaruhi realisasi program," ucapnya.

Jelang Pilkada Boltim, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Bahas Soal Potensi Kerawanan di Mooat

Ia menjelaskan, pada tahun 2019, DD di kucurkan oleh bendahara umum daerah atau Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Boltim. Tahun ini, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 205 tahun 2019 tentang penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan DD, itu sekarang ada perubahan pola.

"Sehingga kami minta kepada pihak desa segera menyesuaikan dengan tata cara permintaan DD, realisasinya, dan permintaan DD kembali,” ucapnya.

Lanjutnya, jika ada permintaan DD, maka harus ada program kerja yang jelas berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Daftar Pemenang Oscars 2020, Film Asia Parasite Juara, Joaquin Phoenix Joker Aktor Terbaik

"Terutama harus berkenaan dengan program yang digariskan atau pelaksanaan program DD tahun 2020 yang ditetapkan dalam Permendes 11 tahun 2019 tentang pokok-pokok program DD 2020,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada tahun 2020 ini, Boltim ada perbedaan realisasi dan pelaksanaan DD, yaitu pencairannya hanya sampai pada tahap II, dan untuk tahap III sudah dihilangkan.

Lanjutnya, DD tahun ini sudah akan disalurkan langsung oleh Bendahara Umum Negara (BUN). Terdapat perbedaan pelaksanaan pola administrasinya.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved