CPNS Minahasa

Inilah Nilai Passing Grade Yang Harus Dipenuhi Pelamar Jalur Formasi Khusus dan Umum

"Sebelumnya ada seleksi administrasi dan terakhir ada seleksi SKB. Peserta yang akan mengikuti SKB yaitu mereka yang lulus seleksi SKD hari ini," ungk

Inilah Nilai Passing Grade Yang Harus Dipenuhi Pelamar Jalur Formasi Khusus dan Umum
andreas ruaw/tribun manado
Inilah Nilai Passing Grade Yang Harus Dipenuhi Pelamar Jalur Formasi Khusus dan Umum 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 1.506 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Minahasa pada, Senin (10/2/2020) mengikuti tahapan Seleksi Komoetensi Dasar (SKD) yang berlangsung di hotel Sutan Raja, Minahasa Utara.

Berdasarkan agenda seleksi, para peserta bakal dibagi dalam lima sesi, yang akan dimulai dari pukul 08.00 Wita sampai 16.00 Wita.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Minahasa Moudy Pangerapan mengatakan, tes SKD adalah salah satu dari beberapa rangkaian tes yang harus dilalui para peserta seleksi.

"Sebelumnya ada seleksi administrasi dan terakhir ada seleksi SKB. Peserta yang akan mengikuti SKB yaitu mereka yang lulus seleksi SKD hari ini," ungkap Moudy.

Ia menyampaikan bahwa para peserta ujian CAT wajib hadir dengan ketentuan memakai kemeja putih polos tanpa corak lengan pendek, celana panjang untuk pria dan rok untuk wanita berwana hitam polos tanpa corak bukan jeans.

"Bagi yang mengenakan jilbab harus yang berwana hitam, menggunakan sepatu pantofel bagi pria dan harus hadir 120 menit sebelum ujian dilaksanakan," katanya.

Sementara itu, sebagaimana informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) terdapat perbedaan mendasar tentang seleksi CPNS tahun 2018 lalu. Perbedaan itu seperti nilai ambang batas SKD.

"Pelamar dengan jalur formasi umum dan formasi khusus harus melalui passing grade sebesar 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensi Umum (TIU) dan 65 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)," tandasnya.

Ia menambahkan, perubahan nilai ambang batas juga dipengaruhi karena komposisi soal yang berubah untuk tahun ini.

"Jumlah soal TWK yang sebelumnya 35 menjadi 30, sementara jumlah TIU yang sebelumnya 30 menjadi 35, sedangkan TKP tetap yakni 35 soal," ujarnya.

Kemudian, Moudy Panegerapan juga mengimbau beberapa hal yang menjadi ketentuan yang harus diperhatikan para peserta seleksi.

"Diantaranya harus membawa beberapa dokumen seperti kartu tanda peserta ujian dengan foto latarbelakang merah pada lembar panitia dan lembar peserta hasil print berwarna, KTP asli atau surat keterangan kependudukan asli, kemudian ijazah asli," katanya.

Ia menegaskan, peserta yang tidak sesuai identitasnya dengan data yang terdapat pada kartu ujian, seperti KTP atau ijazah asli tidak dapat mengikuti ujian.

"Kemudian peserta yang datang tidak sesuai dengan waktu yang ditetapkan dinyatakan tidak lulus atau gugur," katanya. (Eas)

 3.3 Shopee Fashion Sale, Gratis Ongkir hingga Late Night Sale Diskon 90 Persen

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

 

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved