Wilayah Pesisir Mitra Jadi Prioritas Pencegahan Kawasan Kumuh

Pasalnya wilayah tersebut nantinya bakal menjadi sorotan pemerintah dalam melakukan pencegahan wilayah kumuh di Minahasa Tenggara.

TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Baliho Gapura bertuliskan selamat datang di Minahasa Tenggara ?terpasang menutupi huruf yang tidak lengkap 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wilayah pesisir Minahasa Tenggara (Mitra) bakal jadi prioritas pemerintah lewat dinas terkait yakni Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Mitra.

Pasalnya wilayah tersebut nantinya bakal menjadi sorotan pemerintah dalam melakukan pencegahan wilayah kumuh di Minahasa Tenggara.

Tiga lokasi yang dimaksud yakni Kecamatan Pusomaen, Belang dan Ratatotok.

Dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Perkim saat dikonfrimasi kembali hari ini Minggu (9/2/2020), Novie Legi, 2020 ini tiga lokasi tersebut bakal diprioritaskan terkait pencegahan wilayah kumuh.

"Ketiganya menjadi prioritas pada 2020 ini. Program pencegahan tersebut yakni peningkatan kualitas kawasan permukiman, program pengembangan kawasan permukiman, serta program pengembangan perumahan," ujar Legi.

Ia menjelaskan, untuk program pencegahan kawasan kumuh dan peningkatan kualitas kawasan permukiman ini, dialokasikan anggaran senilai Rp 800-an juta.

Anggaran tersebut meliputi pembangunan dan pemeliharaan jalan lingkungan kawasan kumuh, juga pembangunan dan pemeliharaan drainase di lingkungan kawasan itu.

"Anggaran tersebut memang diprioritaskan kepada tiga wilayah tersebut. Ini merupakan langkah pemerintah dalam meminimalisir tingkat wilayah kumuh yang ada di Kabupaten Mitra," pungkas Legi.

Lanjut ia mengungkapkan, pemkab juga bakal melakukan pembangunan sebanyak 120 rumah. Program tersebut merupakan pengembangan perumahan melalui bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) senilai Rp 2,2 miliar.

Kemudian adanya program pengembangan kawasan permukaan lewat pembangunan jalan setapak dengan anggaran sebanyak Rp 300 juta.

"Seluruh program kegiatan ini dipastikan merata. Dan nantinya bakal dikerjakan di kawasan kumuh yang ada di 12 desa dipesisir Kecamatan Ratatotok, Belang dan Pusomaen," jelasnya.

Ia menambahkan, program tersebut merupakan perhatian Bupati James Sumendap SH dalam memajukan Minahasa Tenggara lebih bagus lagi kedepannya.

"Seluruh program tahun 2020 ini merupakan komitmen dan perhatian dari Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jocke Legi untuk warga pesisir. Diharapkan semua program yang nantinya bakal direalisasikan bisa jalan sesuai dengan harapan," tutup Legi. (Ano)

 Ibadah Bersama di Gereja Katolik St. Ignatius Manado, Irjen Pol Sigid Pamitan

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved