Prof Rukmina: Kandidat Perempuan Harus Miliki 5 Kapital

"Karena masuk ke dunia politik adalah dunia yang keras secara teori politik adalah seni untuk menggapai kekuasaan," terangnya.

Prof Rukmina: Kandidat Perempuan Harus Miliki 5 Kapital
Tribunmanado.co.id/Dewangga Ardhiananta
Prof Rukmina Gonibala. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Prof Dr Rukmina Gonibala sebagai salah satu pembicara pada musyawarah daerah dan diskusi publik yang digelar oleh Majelis Daerah (MD) Forhati Manado di Hotel Aston.

Tema dalam diskusi publik itu adalah 'Perempuan dan Dinamika Politik'.

"Yang pertama adalah menjadi inspiring bagi para kandidat perempuan yang masuk ke wilayah politik dan mereka harusnya para kandidat ini memiliki kapital," kata Prof Rukmina, yang juga mantan rektor IAIN Manado periode 2014 - 2019, Sabtu (08/02/2020).

Lanjutnya, yang terdiri dari kapital sosial, kapital ekonomi, kapital moral dan kapital religion yang harus dimiliki serta yang terakhir kapital politik.

"Karena masuk ke dunia politik adalah dunia yang keras secara teori politik adalah seni untuk menggapai kekuasaan," terangnya.

Ia menyatakan, kandidat pemimpin perempuan harus memilik kelima kapital tersebut dan harus ada trust serta kejujuran.

"Tetapi yang paling penting adalah dia punya kapital ekonomi karena tanpa kapital ekonomi bagi saya non sense untuk menjadi seorang kandidat kepala daerah provinsi maupun kabupaten kota," jelas Prof Rukmina.

Ia berharap, bagi calon kepala daerah perempuan yang akan datang untuk memikirkan masalah keluarga.

"Keluarga maksudnya bukan keluarganya dia (calon kepala daerah) tetapi keluarga dari perempua-perempuan masyarakat itu sendiri," tambahnya.

Pungkas Prof Rukmina, yaitu bagaimana kesehatan ibu dan anak, bagaimana kesejahteraan keluarga dan bagaimana pendidikan anak. (Ang)

 Ibadah Bersama di Gereja Katolik St. Ignatius Manado, Irjen Pol Sigid Pamitan

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved