Pilkada 2020

Bakal Calon Kepala Daerah Mulai Sosialiasi di ‘Luar Kandang’, Ini Kata Pengamat Politik

Bakal calon kepala daerah di Pilkada 2020 mulai giat mensosialisasikan diri, bahkan hingga ke ‘luar kandang’

Bakal Calon Kepala Daerah Mulai Sosialiasi di ‘Luar Kandang’, Ini Kata Pengamat Politik
ISTIMEWA
Boy Paparang 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bakal calon kepala daerah di Pilkada 2020 mulai giat mensosialisasikan diri, bahkan hingga ke ‘luar kandang’

Hal ini ditangapi pengamat politik yang juga Direktur Forum Demokrasi Lentera Boy Paparang.

"Sebenarnya sosialisasi diri untuk bakal calon yang memiliki latar belakang sebagai kepala daerah maupun mantan kepala daerah cukup mudah dilakukan," katanya kepada Tribun Manado, Minggu (9/2/2019).

Ia menyatakan, misalnya jika seorang bupati atau wali kota telah berhasil membangun daerahnya selama kurang lebih dua periode kepemimpinannya.

Joune Ganda Ajak Warga Nusa Utara Bersama Membangun Minut

"Karena seyogyanya tujuan dari mensosialisasikan diri ialah untuk memperkenalkan diri sekaligus memperkenalkan keunggulan," jelas Boy.

Lanjut pengamat politik itu, yaitu dengan memperkenalkan kemampuan serta program yang nanti akan si bakal calon akan tawarkan.

"Jika sosialisasi yang bakal calon lakukan itu bertujuan untuk menarik simpati masyarakat, meningkatkan popularitas serta elektabilitas dalam survei internal partai tinggal membeberkan unggulannya," tambahnya.

Boy menjelaskan, misalnya untuk bacalon dari seorang kepala daerah kabupaten kota yaitu tinggal menyampaikan program unggulan dan keberhasilannya dalam membangun daerahnya masing-masing.

Olly Dondokambey Lantik Panitia Konas FK-PKB PGI di Kendari

"Untuk selanjutnya dijadikan program ketika yang bersangkutan jadi gubernur atau wakil gubernur," tegasnya.

Lanjutnya, kalau pertanyaannya ketika daerah yang dipimpin masing-masing bakal calon gubernur tidak memiliki program unggulan yang berhasil, serta daerah tidak mengalami kemajuan akan butuh usaha ekstra untuk melaksanakan sosialisasi.

Halaman
12
Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved