Info Kesehatan

16 Makanan Kaya Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Mata, Ada yang Hanya Harga Rp 3 Ribuan

Wortel memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi sehingga baik untuk mata. Tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A

16 Makanan Kaya Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Mata, Ada yang Hanya Harga Rp 3 Ribuan
SHUTTERSTOCK
Wortel 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Agar kesehatan mata tetap terjaga, berikut Bangkapos.com memberikan tips yang diambil dari beberapa sumber untuk jenis makanan yang bisa dikonsumsi karena menyediakan nutrisi dan vitamin untuk mata.

Makanan yang mengandung antioksidan terdiri dari berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, E, zinc, lutein, dan asam lemak omega-3.

Dan juga buah-buahan dan sayuran yang sarat dengan mineral terutama sayuran berwarna oranye.

Berikut adalah beberapa makanan pilihan yang bisa kita konsumsi agar mata kita terjaga kesehatannya:

1. Wortel

Wortel memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi sehingga baik untuk mata. Tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga meningkatkan kesehatan mata, fungsi penglihatan dan kesehatan kulit. Dengan makan satu buah wortel berukuran sedang, kita sudah memberikan tubuh sekitar 5.000 IU vitamin A, yang pada gilirannya akan membantu menjaga mata tetap sehat.

2. Brokoli, Kubis, Paprika

Kubis, paprika, dan brokoli, ketiganya harus ada dalam menu makanan kita jika ingin mencegah masalah penglihatan. Makanan ini kaya akan vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh serta indera penglihatan. Antioksidan ini bekerja dengan cara menakjubkan untuk mencegah kerusakan sel-sel di mata. Mengonsumsi makanan tersebut secara teratur juga dapat menurunkan risiko penyakit mata akibat usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

3. Kale, Bayam, dan Sayuran Hijau Tua

Sayuran berdaun hijau tua sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Di dalamnya terkandung zeaxanthin dan lutein, fungsinya untuk meningkatkan fungsi penglihatan mata. Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Jadi, pastikan untuk memasukkan sayuran hijau ini dalam menu makanan sehari-hari.

Halaman
1234
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved