Berita Manado

Wali Kota Intruksikan Camat Susun Rencana Kerja, Selesaikan Sampah Lewat Insenerator

DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, menegaskan agar penyelesaian sampah di Kota Manado saat ini, lewat pembakaran dengan menggunakan insenerator

Wali Kota Intruksikan Camat Susun Rencana Kerja, Selesaikan Sampah Lewat Insenerator
Tribun manado / ferdinand ranti
Wali Kota Manado Tinjau Insenerator 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wali Kota Manado, DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, menegaskan agar penyelesaian sampah di Kota Manado saat ini, lewat pembakaran dengan menggunakan insenerator.

Setelah sebelumnya Wali Kota melakukan peninjauan di lokasi yang menjadi tempat insenerator di wilayah Kota Manado.

Masing -masing Kecamatan Wanea, Tingkulu kompleks Rumah Sakit Umum Daerah Kota Manado, Kecamatan Singkil, dalam uji coba insenerator berjalan dengan baik maka masalah sampah akan diselesaikan lewat mesin pembakaran.

Ekonom Unsrat: Pariwisata Sulut Merugi Sedikitnya Rp 30 Miliar Akibat Virus Corona

Diketahui mesin insenetaror untuk mengolah sampah dengan cara dibakar oleh Pemerintah Kota Manado saat ini, sudah ramah lingkungan dengan menggunakan konsep dual chamber, di mana chamber pertama untuk membakar langsung sampah.

Kemudian chamber kedua untuk membakar karbon yang memiliki ikutan polutan seperti dioxin, so2 CO serta NO, sehingga pada chamber kedua ini terurai menjadi CO2 dan air. Adapun polutan yang lewat pada chamber kedua ini akan ditangkap oleh uap air pada cerobong yang dilengkapi dengan sprinkle air, dan emisinya dipantau melalui monitor AQMS yg ada di DLH.

Data hasil pemantauan yang dilakukan pada saat uji coba pembakaran masih berada di bawah ambang batas.

Wawancara Khusus dengan Pendeta Lucky Rumopa, Bicara soal Peluang Maju di Pilwako Manado

Di mana negara maju seperti Singapura, Jepang dan Korea Selatan juga menggunakan alat pembakar sampah untuk menyelesaikan masalah sampah.

"Untuk semua camat dengan selesainya ujicoba alat pembakar sampah, maka penyelesaian sampahnya bukan lagi di TPA tapi diselesaikan dengan alat pembakar. Silahkan menyusun rencana kerja masing - masing camat yang semula ke TPA dialihkan ke pembakaran," ujar Wali Kota.

Wali Kota menegaskan, Sabtu 8 Februari 2020, Pukul 09.00, Wita, bertempat di Pendopo Kantor Wali Kota diundang Camat rapat untuk bahas manajemen sampahnya.(fer)

Lucky Senduk: Pendamping Franky Wongkar Diumumkan 23 Maret 2020

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved