Ketua DPC PDI Perjuangan Dengar Keluhan Tenaga Harian Lepas Kebersihan

Meski pernah dijanjikan oleh instansi terkait, namun hingga kini janji tersebut hanyalah sebatas lips service.

Ketua DPC PDI Perjuangan Dengar Keluhan Tenaga Harian Lepas Kebersihan
Istimewa
Ketua DPC PDI Perjuangan Dengar Keluhan Tenaga Harian Lepas Kebersihan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gaji petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Minahasa Utara sebagai tenaga harian lepas sungguh ironis, sangat jauh dibawa upah minimum.

Padahal, pemerintah sudah berjanji akan menaikkan upah kerja petugas kebersihan.

Berdasarkan pengakuan Wuriana sebagai THL penyapu jalan yang sudah bekerja sejak Minut menjadi Kabupaten, dirinya tidak pernah menikmati upah yang dianggap layak untuk kebutuhan hidup.

Meski pernah dijanjikan oleh instansi terkait, namun hingga kini janji tersebut hanyalah sebatas lips service.

“Kami sudah pernah dijanjikan akan mendapat upah yang layak, bahkan janji yang pernah kami dengar akan dinaikkan upah gaji yang sekarang. Gaji kami saat ini hanya Rp 1.250.000. Coba bayangkan saja kalau untuk memenuhi kebutuhan hidup, tentu sangat tidak cukup, namun apa daya kami harus mencukup-cukupkan,” tuturnya saat mengikuti acara tatap muka dengan ketua DPRD Minut Denny Lolong di TPA pekan lalu.

Ia menyebut jika kepemimpinan Bupati sebelumnya mendapat upah sebesar Rp 1,8 juta.

Meresponi akan keluhan tersebut, Denny Lolong memastikan bahwa akan memperjuangkan kesejahteraan bagi petugas kebersihan yang adalah pahlawan kebersihan.

“Saya akan memperjuangkan agar semua petugas kebersihan boleh menikmati hak yang selayaknya diterima. Saya juga memastikan bahwa mereka akan diberikan upah sesuai dengan upah minimum yang layak sehingga dapat memenuhi kebutuhan hak layak hidup. Ini akan saya perjuangkan dalam proses penganggaran antara eksekutif dan legislatif pada penetapan APBD nanti,” kata Delon.

Delon mengatakan, bahwa saat ini tahun anggaran sudah berjalan. tentunya dalam proses penganggaran akan dibahas dan dimasukkan pada anggaran selanjutnya.

“Hal ini menjadi perhatian khusus atas kepedulian saya terhadap para petugas kebersihan. Jika nantinya juga Kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Minut terpilih pada Pilkada Minut 23 september mendatang kader dari PDI Perjuangan yang bakal diusung menang, akan kami berikan tunjangan-tunjangan lainnya,” Jelas Delon dihadapan puluhan petugas kebersihan yang terundang menerima bantuan atribut dari Denny Lolong secara pribadi saat digelar di KNT Resto Kamis (6/22/20).

Dia pun mengajak kepada petugas kebersihan agar segera mengumpulkan biodata diri, guna pembuatan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja yang akan segera direalisasikan.

“Saya mendengar kalau beberapa waktu sebelumnya, ada petugas kebersihan yang sementara menjalankan tugas dan terkena musibah tabrakan tapi tidak mendapat jaminan keselamatan kerja. Untuk itu, saya mengajak untuk segera mengumpulkan kelengkapan yang dibutuhkan agar secepatnya akan kami bantu untuk pengurusan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja tersebut,” jelas Delon, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Minahasa Utara. (fer)

Kantor Badan PSDM Diamuk Si Jago Merah, Pemprov Rencana Bangun Lagi

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved