Nasional

PERNYATAAN Presiden Jokowi, Kepentingan Nasional Nomor 1, Batasi Impor Hewan Hidup Dari China

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah membatasi impor hewan hidup dari China. Lebih menomorsatukan kepentingan nasional.

PERNYATAAN Presiden Jokowi, Kepentingan Nasional Nomor 1, Batasi Impor Hewan Hidup Dari China
KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Kampung Banar, Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Senin (3/2/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sudah disampaikan secara tegas oleh Presiden Jokowi mengenai adanya pembatasan impor sejumlah barang dari China.

Pembatasan tersebut yakni untuk kepentingan rakyat Indonesia, mengantisipasi menyebarnya Virus Corona. 

Presiden Joko Widodo menyatakan, sudah sewajarnya pemerintah menomorsatukan kepentingan nasional dengan membatasi komoditas impor dari China berupa hewan hidup dan menutup penerbangan dari dan ke China.

Dua kebijakan tersebut diambil untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia.

"Ya apa pun, saya sampaikan bahwa kepentingan nasional kita tetap nomor satu. Dinomorsatukan," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Hal senada disampaikan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman.

Ia mengatakan, setelah rapat terbatas di Istana Bogor, Selasa (4/2/2020) kemarin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pembatasan impor hanya berlaku bagi hewan hidup.

Karena itu, Indonesia tetap mengimpor barang lain seperti biasa dari China.

Ia pun meyakini pembatasan impor hewan hidup dari China juga dilakukan negara lain untuk mencegah masuknya virus corona ke negara masing-masing.

"Karena tindakan Pemerintah Indonesia, juga dilakukan oleh pemerintah lain di dunia. Hingga nanti saatnya akan dicabut oleh WHO, berupa pelarangan yang terkait merebaknya virus corona tersebut," kata dia.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved