Berita Bitung

Ini Penjelasan Micahel Jacobus Terkait ‘Merit Versus Marah’

Michael Jaobus menjelaskan Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan PP nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen ASN

Ini Penjelasan Micahel Jacobus Terkait ‘Merit Versus Marah’
Istimewa
Michael Jacobus 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Michael Jacobus dari lembaga bantuan hukum (LBH) Missio Justitia, penerima kuasa sejumlah ASN di Kota Bitung terkait protes mutasi atau rolling yang dilakukan Pemkot Bitung, menjelaskan sistem ‘Merit versus Sistem Merah’

Michael Jaobus menjelaskan Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan PP nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen ASN, secara tegas mengatur tentang sistem manajemen PNS dengan menggunakan sistem merit.

Sistem merit mengedepankan 3K. kualifikasi, kompetensi dan kinerja sehingga secara selaras kedua ketentuan tersebut mewajibkan untuk turut memperhatikan kinerja 2 tahun terakhir.

ASN Protes Kena Roling, Masukkan Permohonan Hearing ke DPRD, LBH Siap Advokasi

Lanjutnya, untuk penempatan jabatan administrasi (JA), jabatan fungsional (JF) dan jabatan pimpinan tinggi (JPT), sebagai dasar adanya rekam jejak untuk menyempurnakan penilaian atas kompetensi dan kualifikasi.

"Dalam sistem merit, ASN tidak bisa diadili hanya karena status facebook foto bersama orang tertentu, "pasiar Natal" di rumah orang tertentu, intinya tidak boleh karena like or dislike, tapi karena 3K," tegasnya.

Berbeda dengan sistem "Marah" yang mendasari penempatan JA, JF dan JPT berdasarkan faktor emosional.

Emosional mensyaratkan 3K (kedekatan, kekeluargaan dan kesediaan) untuk menjadi kaki tangan.

Sulut United Bakal Uji Tanding Lawan Bhayangkara FC atau PSM Makasar di Manado

Tak perlu kompetensi dan kualifikasi, yang penting dekat (ikut ke mana-mana).

Dia menerangkan makna tak perlu kualifikasi, yang penting ada hubungan keluarga, tak perlu kinerja yang penting mau menjadi kaki tangan termasuk bersedia jadi tim sukses untuk pencalonan keluarga maupun pribadi penguasa.

"Di sinilah monoloyalitas versi orde baru dipakai, padahal dalam negara hukum (recht staat) monoloyalitas artinya loyal pada konstitusi, bukan pada penguasa," tandasnya.(crz)

Ini Daftar CASN Yang Lulus Passing Grade di Bolsel

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved