Berita Manado

Terkait Penyerahan Operasional TPI Calaca ke PD Pasar, Ketua Bapemperda Sebut Tabrak Aturan

Penyerahan operasional semua kegiatan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Calaca oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Manado kepada PD Pasar Kota Manado

Terkait Penyerahan Operasional TPI Calaca ke PD Pasar, Ketua Bapemperda Sebut Tabrak Aturan
Tribun Manado
Sonny Lela Anggota DPRD Kota Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Penyerahan operasional semua kegiatan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Calaca oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Manado kepada PD Pasar Kota Manado, mendapat tanggapan dari Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD kota
Manado.

Ketua Bapemperda DPRD Kota Manado Sonny Lela SSos mengatakan, menurut aturan perundang-undangan sudah sangat jelas, hadirnya TPI merupakan bagian dari pelayanan masyarakat khususnya nelayan dalam rangka meningkatkan perekonomian kaum nelayan.

Oleh sebab itu pemerintah pusat memberi bantuan agar kehadiran TPI sangat membantu kepada para nelayan, dan untuk mengelola aset bangunan TPI melekat pada Dinas Kelautan dan Perikanan bukan kepada pihak lain apalagi ke PD Pasar.

PD Pasar Siap Pegang Tanggung Jawab Semua Pasar di Mitra Per 1 Ferbruari Mendatang

“Ini jelas disebabkan pengelolaan bersifat Oriented Social Not Oriented
Business, kalau TPI diolah oleh PD Pasar sifatnya bisnis. Pasti ada regulasi untuk memberatkan pada warga nelayan lewat retribusi,” ucapnya.

Ia menjelaskan, yang perlu diketahui bahwa pemerintah pusat tidak menekan harus mendapatkan pendapatan atau mengambil keuntungan dari TPI atau kepada warga nelayan, karena setiap tahun pemerintah pusat maupun daerah membantu kepada kaum nelayan dengan tujuan untuk mensejahterakan kaum nelayan.

“Pemerintah menyerahkan pengelolaan aset TPI dari mana dasar kajian aturan dan peraturan mana yang membolehkan TPI diserahkan pengelolaan ke PD Pasar? Ini saya bicara sangat fatal pengambilan keputusan oleh Pemkot Manado,” ucap Wakil Ketua Fraksi Golkar DPRD Manado.

Terlibat Kasus Penganiayaan, Ayah dan Anak di Tompasobaru Diamankan

Di sisi lain, ia menerangkan, memang ada usulan Propemperda dari executive mengenai Perusahan Daerah, tetapi Bapemperda setiap usulan Ranperda oleh executive maupun legislative selalu melakukan terlebih dahulu kajian-kajian mulai dari aspek hukum, politis, sosial, ekonomi, budaya dan kearifan lokal.

“Perlu diketahui belum ada surat rekomendasi dari Bapemperda kepada pimpinan DPRD, kok tiba-tiba muncul di permukaan Pemkot Manado menyerahkan pengelolaan TPI ke PD Pasar, ini kami sangat heran, jadi atas usulan Bapemperda demi terlaksana penyelenggaraan pemerintah bersih (Good Goverment) menyarankan agar dibatalkan surat rekomendasi tersebut, ini saya akan membantu meluruskan amanat peraturan dan undang-undang mungkin para ahli kajian hukum di pemkot lupa akan aturan UU No. 23 Tahun 2014 Pasal 27,” ucapnya.

Ia menjelaskan, dalam UU Nomor 23 Tahun 2014, Pasal 27, berdasarkan lampiran Y, tentang pembagian Urusan Bidang Kelautan dan Perikanan, Surat Edaran MENKP No.492/SJ/TU,210/IV/2016 tentang Pengalihan Kewenangan Dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Provinsi, salah satunya terkait TPI harus diserahkan ke Pemerintah Daerah.

Kurang dari 24 Jam 4 Kasus Kriminal Terjadi di Minahasa: Tawuran, Penemuan Mayat hingga Penganiayaan

“Peraturan ini diteruskan oleh Kementerian Dalam Negeri oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah kepada semua Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi ini sangat jelas, apalagi keputusan tersebut dikuatkan dengan Surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi No. B/7163/KSP.00/10-16/08/2019,” ucapnya.

Ia mengimbau, agar Pemkot Manado dalam rangka mengambil suatu kebijakan tidak tergesa-gesa dan tidak mengabaikan aturan yang berlaku.

“Harus punya dasar aturan sehingga dikemudian hari tidak ada lagi persoalan yang berkaitan dengan hukum untuk menuju Good Government,” ucapnya. (ana)

Sulut United Bakal Hadapi Lawan Berat di Yogyakarta

Penulis: Siti Nurjanah
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved