Breaking News:

Listrik di Manado, Minut dan Bitung Sempat Padam Minggu Subuh, ini Penjelasan PLN

Akibat adanya gangguan itu, menyebabkan sistem pemutus arus bekerja otomatis di Gardu Induk Teling (GIS) sebagai bagian Prosedur pengamanan sistem.

Istimewa
Istimewa Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan distribusi listrik. Foto ilustrasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Listrik di sebagian wilayah Kota Manado, Sulawesi Utara sempat padam, Minggu (02/02/2020) subuh.

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sulut Sulteng Gorontalo (PLN UIW Suluttenggo) menjelaskan, hal tersebut disebabkan adanya gangguan pada Gardu Induk (GI) Teling-Paniki sekitar pukul 05.41 Wita.

GM PLN UIW Suluttenggo, Christyono melalui Manajer Komunikasi, Marten Salmon menjelaskan, dampak dari gangguan transmisi ini, terjadi padam di sisi pelanggan yang meliputi sebagian wilayah Manado, sebagian Minahasa Utara, dan sebagian Bitung.

"Gangguan yang menyebabkan padamnya sebagian pelanggan tersebut diakibatkan adanya gangguan Transmisi Line 150kV jalur GIS Teling - Paniki," kata Salmon kepada Tribun Manado, Minggu siang.

Akibat adanya gangguan itu, menyebabkan sistem pemutus arus bekerja otomatis di Gardu Induk Teling (GIS) sebagai bagian Prosedur pengamanan sistem.

"Hal ini berdampak terhentinya pasokan listrik ke GI Teling, GI Paniki dan GI Tanjung Merah," katanya menjelaskan.

Kata dia, sejak terdeteksi terhentinya pasokan tenaga listrik, Tim Siaga PLN langsung melakukan upaya pengamanan dan upaya pemulihan segera sistem dengan melakukan upaya pengaturan pengalihan beban dari sistem 150kV ke sistem 70kV untuk mengurangi wilayah padam.

Kemudian, dilanjutkan tahap penormalan sistem transmisi 150kV dan penormalan Tegangan 20 Kv dari pukul 05.41 WITA sampai semua pelanggan normal pada pukul 08.12 WITA.

Sehingga terhitung sejak itu aliran listrik di seluruh daerah terdampak sudah kembali normal.

Tim recovery PLN berupaya secepatnya untuk melakukan penormalan sistem kelistrikan, sehingga aktivitas masyarakat kembali pulih.

"Kami mohon maaf atas padamnya aliran listrik yang dialami oleh sebagian pelanggan yang dilayani oleh Gardu Induk Teling-Paniki,"  katanya.

Menurut dia, pemulihan relatif cepat tidak terlepas dari kesigapan tim reaksi cepat dan operator pengendali beban dan pengaturan distribusi.

Untuk memudahkan layanan informasi, pelanggan dapat mendownload PLN Mobile dari Playstore/AppStore.

Lewat aplikasi ini, pelanggan  mendapatkan informasi dari fitur-fitur seperti cek tagihan dan riwayat token; permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara; cek status pengaduan dan permohonan; informasi tarif listrik terkini.

Bisa juga melalui telepon contact center PLN 123 dengan voice over internet protocol (VoIP) dengan menggunakan pulsa data tanpa pulsa telepon.(ndo).

BREAKING NEWS! Penemuan Mayat di Sea Dua, Polisi Temukan Dua Luka Tikam di Tubuh Korban

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved