Berita Bitung

Gelaran Adat Tulude di Bitung, Ada 10 Kue Adat Tamo

Gelaran adat Tulude, merupakan satu di antara sekian banyak event pariwisata masuk dalam calender of iven 2020 Kota Bitung

Gelaran Adat Tulude di Bitung, Ada 10 Kue Adat Tamo
Tribun manado / Christian Wayongkere
Pagelaran Adat Tulude di Kota Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Max J Lomban Wali kota Bitung mengatakan, tahun 2020 adalah tahun politik. Kota Bitung akan menyelenggarakan Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur Sulut, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung.

"Untuk itu jangan perbedaan di pilkada membawa perpecahan, saya mengajak kita tetap hidup rukun dan damai. Tetap bersatu dalam membangun Bitung lebih hebat serta masyarakat sejahtera," kata Lomban saat menyampaikan sambutan di pagelaran Adat Tulude, Kota Bitung 2020, Sabtu (1/2/2020).

Gelaran adat Tulude, merupakan satu di antara sekian banyak event pariwisata masuk dalam calender of iven 2020 Kota Bitung. Kegiatan berlangsung di Gelanggang Olahraga (Gor) MaMa akronim dari nama depan Wali kota Max dan Wakil Wali Kota Maurits.

Pemkot Manado Siap Gelar Upacara Adat Tulude, Ini Beragam Atraksi yang Akan Memeriahkan Acara

Pada bagian acara berlangsung 'Hundugu mengampang tembonangu wanua dingangu inang suwanala monarang Tulude' atau acara penjemputan wali kota dan wakil wali kota bersama istri di laokasi pelaksanaan Tulude.

Rombongan wali kota dan wakil, masing-masing bersama istri mengenakan pakaian adat Nusa Utara disambut oleh seorang Kapita'ang Bisara atau pemimpin acara.

Kemudian tiba pada saat Manaka u Paporong atau pemasangan Paporong kepada wali kota dan wakil wali kota, dipandu seorang Mayore Labo.

Bupati Boltim Hadiri Pesta Adat Tulude di Jiko Belanga

Pemasangan dilakukan oleh petugas perempuan, kemudian dilanjutkan dengan barisan adat mengiringi rombongan menuju panggung acara.

Gelaran adat Tulude diprakarsai Ikatan Kerukunan Sitaro, Sangihe dan Talaud (Ikssat) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bitung menghadirkan 10 kue Tamo.

Dari 10 kue Tamo hanya dua yang diacarakan dalam Mamoto Tamo atau pemotongan kue adat Tamo, oleh Memoto Tamong Banua atau pemotongan kue adat Tamo oleh perempuam Afny Salauhiang dan Amos Gamma Kakomba.

4 Terduga Tersangka Pembunuhan di Desa Sea Ditangkap Tim Resmob Polsek Pineleng

Kedua sosok ini sudah dikenal oleh masyarakat Nusa Utara di manapun berada, sebagai pemotong kue adat Tamo.

Halaman
12
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved