Berita Manado

Hari Kanker Se-Dunia : CISC Manado Gelar Rangkaian Acara dari Edukasi hingga Senam Poco-Poco Bersama

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang pengobatannya membutuhkan waktu dan biaya yang ‘luar biasa’.

Hari Kanker Se-Dunia : CISC Manado Gelar Rangkaian Acara dari Edukasi hingga Senam Poco-Poco Bersama
ISTIMEWA
Suasana Peringatan Hari Kanker Se-Dunia di Megamas Manado. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang pengobatannya membutuhkan waktu dan biaya yang ‘luar biasa’.

Biasanya, bukan hanya pasien penderita kanker yang menderita, seluruh keluarga pasien tersebut juga akan mengalami dampak antara lain beban pikiran, beban biaya dan beban lainnya.

Hal yang patut disyukuri di Indonesia khususnya di Kota Manado, sudah ada organisasi Cancer Information and Support Center Association (CISC).

Organisasi ini adalah anggota Union for Internasional Cancer Control (UICC) pelopor hari kanker sedunia pada 4 April 2000 silam.

Sebagai organisasi, tentunya banyak suka dan duka dialami pengurus namun setiap niat baik membuat mereka bisa melalui semuanya bahkan hari ini Sabtu, (01/02/2020), CISC Manado di bawah komando Ketua dr Harlinda Hareon, SpPD KHOM, sukses mengelar serangkaian acara menyambut Hari Kanker Sedunia (HKS) di Megamall, Manado, Sulawesi Utara.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan antara lain sosialisasi dalam bentuk talk show sebagai bagian dari edukasi untuk pencegahan dan informasi terkait pengobatan serta penanggulangan penyakit kanker.

Suasana Peringatan Hari Kanker Se-Dunia di Megamas Manado.
Suasana Peringatan Hari Kanker Se-Dunia di Megamas Manado. (ISTIMEWA)

Selain edukasi ada juga sharing, testimoni survivor kanker hingga kegiatan olahraga bersama yaitu jalan sehat, senam poco-poco dan maumere di lokasi kegiatan.

Kegiatan ini melibatkan pengurus, pasien, keluarga pasien hingga seluruh simpatisan CISC yang berasal dari berbagai kabupaten kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.

“Kegiatan peringatan hari kanker sedunia kali mengangkat tema ‘i am and i will’ yang bisa diartikan sebagai ajakan seluruh

orang di dunia untuk mendukung, bersuara, beraksi serta mendorong pemerintah untuk melakukan upaya yang lebih baik

Halaman
12
Penulis: David_Kusuma
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved