Pemerintahan Indonesia

Jokowi Singgung Ridwan Kamil, Sebut Kondisi Jawa Barat Tidak Ada Artinya, Ini Penyebabnya

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka acara Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030 di Cimahi Techno Park, Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Jokowi Singgung Ridwan Kamil, Sebut Kondisi Jawa Barat Tidak Ada Artinya, Ini Penyebabnya
via GoRiau.com
Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Joko Widodo secara jelas mengingatkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar tak hanya memikirkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga kesehatan warganya terutama yang terinfeksi TBC.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka acara Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030 di Cimahi Techno Park, Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Jokowi menanggapi Ridwan Kamil yang sebelumnya mengakui bahwa Pemprov Jabar masih belum berhasil mengatasi TBC lantaran masih ada kurang lebih 100.000 pengidap TBC di provinsinya.

"Ini mumpung ada Pak Gubernur (Jawa Barat). Saya lihat-lihat banyak gubernur, ini tolong betul-betul saya titip, di daerah juga sama."

"Percuma pertumbuhan ekonominya baik tetapi di provinsi bapak TBC-nya juga tinggi. Enggak ada artinya, karena apa pun SDM adalah nomor satu," ujar Jokowi.

Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden (15/1/2020). Terbaru, Jokowi mengingatkan Ridwan Kamil agar tak hanya mengurus pertumbuhan ekonomi, Rabu (19/1/2020).
Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden (15/1/2020). Terbaru, Jokowi mengingatkan Ridwan Kamil agar tak hanya mengurus pertumbuhan ekonomi, Rabu (19/1/2020). (Youtube Sekretariat Presiden)

Ia mengatakan, kesehatan juga menjadi faktor penentu kemajuan bangsa.

Sebab, menurut Jokowi, jika masyarakatnya tak sehat, mereka tak bisa bersaing dalam dunia pendidikan dan kerja.

Karenanya, Jokowi juga meminta menteri-menterinya, termasuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengurus masalah kesehatan lewat pembangunan proyek infrastruktur.

"Tadi Pak Menteri PU ikut kita sayangnya enggak ikut di ruangan sini. Mau saya perintah bangun rumah-rumah yang sehat segera dikerjakan, terutama di Provinsi Jawa Barat. Tadi Pak gubernur juga sudah meminta itu," ucap Jokowi.

Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Pencanangan Sensus Penduduk 2020 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/01/2020).
Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Pencanangan Sensus Penduduk 2020 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/01/2020). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama via KOMPAS.COM)

Kepala Negara mengingatkan, menjamin kesehatan masyarakat bukan hanya jadi urusan tenaga medis maupun jajaran Kementerian Kesehatan, melainkan juga tugas kementerian lainnya, seperti Kementerian PUPR.

Halaman
123
Editor: Frandi Piring
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved