Heboh Virus Corona di Manado

Pekerja Cina di Sulut Aman dari Corona: Petugas Datangi PT Conch-PLTS

Sulawesi Utara antisipasi masuk virus Corona Wuhan (2019nCoV). Setelah Gubernur Sulut Olly Dondokambey menghentikan penerbangan.

Pekerja Cina di Sulut  Aman dari Corona: Petugas Datangi PT Conch-PLTS
Istimewa
Cegah Virus Korona Masuk PT Conch. Yusuf: Penjagaan Kita Berlapis 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Sulawesi Utara antisipasi masuk virus Corona Wuhan (2019nCoV). Setelah Gubernur Sulut Olly Dondokambey menghentikan penerbangan langsung dari beberapa kota di Cina ke Manado, kini pemerintah memastikan tenaga kerja asing (TKA) asal Cina di PT Conch aman dari virus mematikan itu.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulut memantau perkembangan pekerja asal Cina yang bekerja di Sulut. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sulut, Steaven Dandel mengatakan, pekerja asal Cina tak luput dari pemantauan.

"Kita lakukan screening, khusus pekerja yang baru tiba dua minggu di Sulut," kata dia kepada tribunmanado.co.id, Rabu (29/1/2020).

Pasca Merebak Isu Corona di Manado: Turis Cina Borong Masker di Apotek

Ada beberapa perusahaan yang dipantau, yakni PT Conch di Bolaang Mongondow dan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Minahasa Utara. Kalau yang sudah lebih dua minggu berada di Sulut maka tidak lagi di-screening.

Pemeriksaannya pun sama dengan di bandara mengukur suhu tubuh. "Kita sudah screening tidak ditemukan gejala mencurigakan, seperti suhu tubuh naik atau flu," kata dia.

Kalau ditemukan gejala, maka langkah yang diambil dikarantina. "Tapi rata-rata pekerja sudah sebulan di Sulut, ada yang masih cuti, oleh pemerintah Cina belum diizinkan kembali bekerja," ujarnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow segera memeriksa 104 TKA Cina di perusahaan semen itu. Informasi yang dihimpun Tribun Manado, TKA Cina di perusahaan ini datang dan pergi hingga jumlahnya kerap berubah. Mengantisipasi masuknya virus Corona ke Bolmong, Dinkes
segera memeriksa kesehatan TKA di sejumlah perusahaan asing. PT Conch jadi yang pertama.

MK Tolak Uji Materi UU KPK

"Kami sudah menjadwalkan pemeriksaan kesehatan (TKA Cina) di PT Conch," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinkes Bolmong, dr Erman Paputungan, Rabu (29/1/2020). Sebut Erman, pemeriksaan kali ini sangat penting untuk mencek apakah ada para TKA Cina yang kena virus Corona. "Ini untuk identifikasi, jika ada yang kena tentu kita akan ambil tindakan," katanya.

Hanya Erman mengaku jika pemeriksaan bakal tak mulus karena terhalang aturan yang berlaku di perusahaan. Sebut dia, perusahaan memiliki standart operating procedure (SOP) tentang pemeriksaan hingga kerap menyulitkan pihak luar. "Di Conch kan memiliki SOP, dan kita harus sesuaikan dengan aturan itu," kata mantan Direktur RSUD Datoe Binangkang itu.

Erman mengaku sudah melakukan langkah awal dengan mengunjungi pos pemeriksaan keimigrasian dari Direktur Jenderal Imigrasi RI di Labuan Uki. Lokasi tempat resmi masuk keluarnya pekerja Conch lewat jalur laut. "Kami sudah ke Labuan Uki, melakukan pendataan dan koordinasi. Tinggal bagaimana tindakan selanjutnya mengawasi TKA ke Bolmong," ujar dia.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved