Bakal Dicairkan, Polisi Perketat Pengawasan Penggunaan Dana Desa Tahun 2020

Tangkulung berharap agar APBDes masing-masing desa segera disiapkan dengan baik agar saat memasuki tahap evaluasi tidak menemui persoalan yang berarti

Bakal Dicairkan, Polisi Perketat Pengawasan Penggunaan Dana Desa Tahun 2020
Istimewa
Bakal Dicairkan, Polisi Perketat Pengawasan Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Minahasa Jefrry Tanggulung, mengatakan kemungkinan besar Dana Desa (DD) untuk tahun 2020 tahap pertama akan dicairkan pada bulan Februari.

“Dalam waktu dekat ini Evaluasi APBDes tahun 2020 semua desa akan digelar. Begitu evaluasi selesai di lakukan, akan di ikuti dengan pencairan untuk tahap pertama yang diperkirakan pada bulan Februari nanti,” ujar Tangkulung, Rabu (29/1/2020).

Ia menambahkan, untuk tahun 2020, Kabupaten Minahasa mendapatkan Dana Desa (DD) yakni Rp 173 Miliar dari pemerintah pusat sementara untuk Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 69 Miliar yang akan dibagikan di 227 Desa.

Tangkulung berharap agar APBDes masing-masing desa segera disiapkan dengan baik agar saat memasuki tahap evaluasi tidak menemui persoalan yang berarti.

Selain itu Dia juga meminta agar penggunaan dan pemanfaatan kedua dana ini sesuai dengan apa yang telah tertata dalam APBDes, agar kedepan mudah dipertanggung-jawabkan.

“Dana Desa dan Alokasi Dana Desa wajib di pertanggung-jawabkan berdasarkan alokasi dana dan kegiatan dalam APBDes, agar terhindar dari penyalahgunaan yang berbuntut pada persoalan hukum,” tegasnya.

Sebelumnya, Pemerintah dan pihak Kepolisian dalam hal ini Bhabinkamtibmas memonitor pembangunan desa binaannya dengan cara mengawasi anggaran dana desa (ADD) yang telah didistribusikan pemerintah untuk kemajuan desa tersebut.

Bhabinkamtibmas Polsek Kombi Polres Minahasa Polda Sulawesi Utara Brigadir Maskur B, Bhabinkamtibmas Desa Kombi Kecamatan Kombi melakukan kegiatan pemantauan realisasi dana desa berupa pembangunan jalan Desa Kombi.

“Sebagai bentuk pencegahan terjadinya penyalahgunaan dana desa kami melakukan pengecekan serta sosialisasi kepada kepala desa dan perangkat desa. Sehingga masyarakat dapat benar-benar mengetahui dana desa yang diberikan oleh pemerintah dapat terealisasi dengan tepat sasaran,” ungkap Brigadir Maskur.

Ia menambahkan, pengecekan dan monitoring DD dan ADD ini tidak selesai di sini tapi akan dilakukan terus hingga semua terlaksana dengan lancar dan masyarakat merasakan hasilnya. 

BERITA TERPOPULER :

 Kisah Guru Honorer yang Mengajar dengan Sepatu Bolong, Menangis Saat Diberi Kejutan Motor Baru

 Mark Zuckerberg Bakal Maju jadi Presiden AS, Donald Trump: Tidak akan Terlalu Menakutkan

TONTON JUGA :

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved