Tokoh

29 Januari 1950, Panglima Besar Sudiman Meninggal di Usia 34 Tahun, Bertempur dengan 1 Paru-paru

Anda tentu tidak asing lagi dengan nama Jenderal Sudirman. Ia adalah Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat (TKR: Sekarang TNI).

tribunjateng
Jenderal Sudirman 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Anda tentu tidak asing lagi dengan nama Jenderal Sudirman. Ia adalah Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat (TKR: Sekarang TNI), pasukan militer pertama milik Republik Indonesia

Bertempur dan memimpin perang gerilya di masa revolusi fisik mempertahankan kemerdekaan tahun 1945, hingga penyerahan kedaulatan tanggal 27 Desember tahun 1949. 

Perang dahsyaat di Palagan Ambarawa pada akhir 1945, adalah peristiwa yang pertama kali melambungkan nama pria kelahiran Purbalingga, 24 Januari 1916 ini.

Meski korban di pihak Indonesia jauh lebih besar dibanding pasukan Inggris yang menang Perang Dunia II, pertempuran itu dianggap sebagai kemenangan gemilang.

Dalam tulisan Dr. Asvi Warman Adam, sejarawan LIPI, yang pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Oktober 2009 disebutkan, Keraguan pimpinan negara terhadap Sudirman sirna ketika ia membuktikan kemampuannya mengusir pasukan Sekutu yang jauh lebih canggih persenjataannya dengan strategi "Supit Urang" yang menjepit musuh dari dua sisi di Ambarawa.

Sudirman menjadi Panglima di usia yang relatif muda, yakni pada umur 29. Uniknya, ia terpilih secara demokratis di antara para komandan dari berbagai daerah.

Sebelum terlibat aktif dalam perang revolusi, Sudirman sudah dekat dengan organisasi. Ia adalah aktivis Muhammadiyah dan kepanduan Hizbul Wathan. 

Dari Keluarga Sederhana

Ayah Sudirman adalah seorang pekerja di pabrik gula Kalibagor Banyumas. Sementara ibunya, adalah keturunan Wedana Rembang.

Ia menerima pendidikan formal dengan bersekolah di Taman Siswa. Setelah itu lanjut ke HIK (sekolah guru) Muhammadiyah, Solo meski tidak tamat.

Halaman
123
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved