Pilkada 2020

Gerbong 5221, disiapkan 'Lawan' PDIP dan Nasdem

Pilkada pemilihan Wali kota dan Wakil Walikota Bitung, 23 September 2020 nanti sudah dipastikan hanya dua partai politik (parpol)

Gerbong 5221, disiapkan 'Lawan' PDIP dan Nasdem
TRIBUN MANADO/Christian Wayongkere
Herry Tobangen sekretaris Gerindra Kota Bitung, dan Vesco Dandel sekretaris DPK PKP Indonesia Bitung bicara terkait Gerbong 5221. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pilkada pemilihan Wali kota dan Wakil Walikota Bitung, 23 September 2020 nanti sudah dipastikan hanya dua partai politik (parpol) yang bisa mengusung calonnya.

Adalah partai demokrasi Indinesia perjuangan (PDIP) dan Partai Nasdem, kedunya tampil sebagai jawara di Pemilu Pileg 2019 kemarin.

PDIP perkasa dengan torehan 8 kursi, disusul Nasdem dengan 7 kursi.

Sedangkan parpol lainnya, seperti PKP Indonesia meraih 5 kursi, Golkar meraup 4 kursi, PAN 2 kursi, Demokrat 2 kursi, Gerindra dan Perindo masing-masing 1 kursi.‎

Hasil tersebut mengalami kenaikan signifikan dari hasil Pileg 2014 dimana PDIP dan Nasdem hanya meraup 4 kursi.

Pileg 2014 keluar sebagai jawara ada PKP Indonesia dengan 6 kursi, disusul Demokrat 4 kursi, Gerindra 4 kursi, Golkar 3 kursi, Hanura 2 kursi, PAN, PKB dan PPP masing-masing 1 kursi.

Nah, belakangan jelang kontestasi Pilkada 2020 ini berhembus isu telah terbangun dan bakal terbentuk poros baru dari parpol di luar PDIP dan Nasdem.‎

Poros baru tersebut tren dengan sebutan atau istilah 5,2,2,1.

Di DPRD Bitung peraih 5 kursi adalah PKP Indonesia, 2 kursi PAN dan Demokrat serta 1 kursi adalah Gerindra.

Keberadaan Gerbong ini tidak di tampik oleh pengurus partai PKPI, Gerindra dan ketua fraksi Air (gabungan PAN dan Gerindra).

Halaman
123
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved