Nasional

Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan Timur, Ini Kata Anies Baswedan Yang Akan Terjadi di Jakarta

Ini yang akan terjadi di Provinsi DKI Jakarta setelah nanti ibu kota sudah dipindahkan ke Kalimantan Timur. Menurut Gubernur Anies Baswedan.

Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan Timur, Ini Kata Anies Baswedan Yang Akan Terjadi di Jakarta
Danang Triatmojo/Tribunnews.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur sedang dalam proses. Mulai dari penetapan lokasi, perencanaan hingga pembangunan sarana dan prasarana. 

Nantinya juga ada banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan dipaksa Presiden Jokowi untuk pindah ke lokasi baru ibu kota di Kalimantan Timur (Kaltim). 

Setelah semua sudah siap, dan ibu kota mulai dijalankan di Kaltim, Provinsi DKI Jakarta akan menjadi kota bisnis dan wisata. Begitu yang dilihat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kami berharap adanya reorganisasi ibu kota yang pindah ke Kalimantan Timur, maka Jakarta akan bisa fokus pengembangan kota sebagai kota bisnis, kota wisata," ujar Anies saat Rakerda Gerindra Jakarta di Hotel Sahid, Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Anies meyakini, Jakarta yang sudah menjadi pusat perekonomian akan berkembang secara pesat lagi ke depannya, setelah status ibu kota pindah ke Penajam Paser Utara, Kaltim.

"Justru semakin berkembang, karena kesempatan untuk fokus pada pembangunan perekonomian, akan sangat tinggi," ucap Anies.

Sementara untuk kota wisata, kata Anies, perayaan tahun baru 2020 sudah sangat terlihat jumlah wisatawan yang datang ke Jakarta.

"Wisatawan lebih banyak ke Jakarta dibanding yang ke Bali. Jakarta nomor satu sebagai tujuan wisata," ucap Anies.

"Kami dorong perayaan-perayaan dan kami bangun. Kami ingin Jakarta itu rumah bagi semuanya, Jakarta terasa seperti tempat setiap komponen masyarakat," sambung Anies.

Draf Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Baru, telah dikirim pemerintah ke DPR.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved