Kasus Virus Corona

Tak Hanya Kelelawar dan Ular, Waspada Penyebaran Virus Corona Dari Satwa Liar Lainnya

Terkait wabah virus corona, kita disarankan agar tidak berinteraksi dengan hewan liar.

Tak Hanya Kelelawar dan Ular, Waspada Penyebaran Virus Corona Dari Satwa Liar Lainnya
AFP
Warga mengantre di sebuah rumah sakit di Kota Wuhan, China. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Virus corona yang berasal dari Wuhan, China merupakan virus yang berasal dari hewan dan juga bisa menular antar manusia.

Saat ini sudah banyak negara yang mengantisipasi agar warganya tidak terjangkit virus yang menyerang saluran pernapasan ini. 

Virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan seperti pilek dan penyakit yang serius seperti MERS dan SARS.

Virus corona merupakan single stranded RNA (ssRNA) virus yang umum ditemukan pada berbagai hewan yang berkeliaran di atas tanah seperti mamalia, burung dan reptil.

Beberapa jenis virus corona dikenal dapat menyebabkan infeksi akut pada saluran pernapasan bagian atas maupun bawah pada manusia.

Antara lain Severe Acute Respiratory Syndrome-related Coronavirus (SARS-CoV) yang mengalami kejadian luar biasa di Tiongkok pada tahun 2002, Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) yang mengalami kejadian luar biasa di Arab Saudi pada tahun 2012, dan yang terakhir adalah novel Coronavirus (2019-nCoV) yang laporan gejala awalnya terjadi di Wuhan, Tiongkok pada 31 Desember 2019 lalu.

Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Cahyo Rahmadi menjelaskan satwa liar secara alami dapat menyeberang lintas negara maupun dibawa dan dimanfaatkan oleh manusia untuk tujuan tertentu.

Menurut Cahyo, hal ini perlu menjadi fokus mitigasi antisipasi zoonosis.

Zoonosis adalah penyakit yang dapat ditularkan dari satwa liar ke manusia.

“Hewan yang dominan berpotensi membawa penyakit adalah tikus, kelelawar, celurut, karnivora dan kelompok primata seperti monyet,” ujarnya seperti dikutip dari rilis Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sabtu (25/1/2020).

Halaman
12
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved