NEWS

Pasien Indonesia Diduga Terinfeksi Virus Corona, Dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Ini Kronologinya

Seorang WNI berinisial R (35) dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, kerena suspect atau diduga terinfeksi virus Novel Corona

Pasien Indonesia Diduga Terinfeksi Virus Corona, Dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Ini Kronologinya
CNN.COM
Virus Corona 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Virus Corona kini telah menyebar ke negara lain termasuk Makau, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Singapura, Filipina, Australia, hingga Amerika Serikat.

Hingga saat ini para ilmuwan masih berjuang memahami virus corona Wuhan yang dikonfirmasi dapat ditularkan antar-manusia tersebut.

Terkini, seorang warga negara Indonesia (WNI) berinisial R (35) dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, kerena suspect atau diduga terinfeksi virus Novel Corona.

Direktur medik dan perawatan RSPI Dr. Diany Kusumawardhani mengatakan, awalnya mereka menerima rujukan dari fasilitas kesehatan lain.

"Kami menerima rujukan dari fasilitas kesehatan lain yang memenuhi kriteria," kata Diany kepada wartawan di lokasi, Jumat (24/1/2020).

Uya Kuya Periksa Akun Eks Gisella Anastasia Demi Buktikan DJ Wilda Memang Calon Istri Gading Marten

Kriteria yang dimaksud, yaitu pasien mengalami demam, batuk, nyeri tenggorokan dan baru melakukan perjalanan daerah yang endemik virus.

Setelah mendapat rujukan tersebut, pihak rumah sakit lantas melakukan isolasi ketat di ruang isolasi yang dimiliki RSPI.

 Sementara itu, Dr Pompini Agustina selaku Ketua Pokja Infeksi Emerging menjelaskan, pihaknya memberikan pengobatan sesuai dengan gejala yang dirasakan pasien.

"Penanganan kalau batuk dikasih obat batuk, demam dikasih obat demam kalau ada penyakit obat penyerta dikasih obat juga. Tapi perlu digaris bawahi adalah prinsip kewaspadaan pengendalian infeksi, itu yang pertama," ujar Pompini.

Pihak RSIP kemudian mengambil sampel dari hidung, tenggorokan menggunakan metode slap.

Halaman
123
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved