Tips dan Trik

Lakukan 6 Hal Ini Bagi Orangtua untuk Cegah Anak Jadi Korban Bullying

Ingatlah bahwa siapapun bisa menjadi korban bullying. Namun, kita semua bisa melakukan sejumlah cara untuk mencegah agar anak tak menjadi korban bully

Lakukan 6 Hal Ini Bagi Orangtua untuk Cegah Anak Jadi Korban Bullying
NAKITA
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hingga saat ini kasus Bullying masih terus terjadi di lingkungan dunia pendidikan.

Bullying (perundungan) masih terus terjadi pada banyak anak di sekolah, lingkungan tempat tinggal, bahkan di dunia maya.

Bullying, seperti tercantum dalam situs Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations/UN), didefinisikan sebagai perilaku disengaja dan agresif yang terjadi berulang terhadap korban, di mana ada ketidakseimbangan kekuatan yang nyata atau yang dirasakan, serta korban merasa rentan dan tidak berdaya untuk membela diri.

Ingatlah bahwa siapapun bisa menjadi korban bullying. Namun, kita semua bisa melakukan sejumlah cara untuk mencegah agar anak tak menjadi korban bullying.

Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini Jumat 24 Januari 2020, Waspada Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi

Bullying terjadi dalam bentuk fisik, verbal, dan yang terbaru adalah di dunia maya atau dikenal dengan istilah "cyber bullying".

Bullying bisa membuat korban merasakan depresi, yang pada beberapa kasus berujung pada bunuh diri.

Karenanya keluarga dan lingkungan punya peran yang sangat penting dalam hal pencegahan.

Psikolog dari Citra Ardhita Psychological Services, Ayoe Sutomo, M.Psi menyebutkan, beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua pada anak agar terhindar dari aksi bullying, antara lain:

1. Membangun konsep diri yang baik

Ayoe menjelaskan, konsep diri adalah bagaimana anak memandang dirinya, untuk itu anak perlu diajarkan untuk memiliki pandangan diri yang baik.

Halaman
1234
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved