NEWS

Idham Azis Tunjuk Agus Rahardjo jadi Penasehat Kapolri, Pengamat: Salah Pilih Orang

Petrus Selestinus dinilai Idham Azis salah menunjuk Agus Rahardjo, sebagai penasehat Kapolri.

Idham Azis Tunjuk Agus Rahardjo jadi Penasehat Kapolri, Pengamat: Salah Pilih Orang
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan) bersama Kapolri Jenderal Idham Azis (kiri) berjabat tangan seusai mengadakan pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Senin (4/11/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mantan Komisioner Komisi Pemeriksa Kekayaan Penyelenggara Negara (KPKPN) Petrus Selestinus dinilai Idham Azis salah menunjuk Agus Rahardjo, sebagai penasehat Kapolri.

Pasalnya, menurut Petrus, Agus dinilai gagal mengemban misi memimpin KPK selama 5 tahun baik untuk bidang pencegahan maupun bidang penindakan atau pemberantasan korupsi.

"Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis salah pilih orang atau pilihan yang tidak tepat," kata Petrus kepada Tribunnews.com, Jumat (24/1/2020).

Selain itu, kata Petrus, Agus Rahardjo bukanlah ahli hukum pidana. Kemudian Agus Cs juga dinilai telah menunjukan sikap yang tidak terpuji terhadap Presiden Joko Widodo. Yakni berupa pengembalian mandat pimpinan KPK kepada presiden hanya melalui konferensi pers karena menolak sikap pemerintah merevisi UU KPK.

"Agus dkk juga saat ini ikut menggugat pemerintah dan DPR terkait uji materil UU No. 19 Tahun 2019 Tentang KPK. Artinya habitat Agus Rahardjo tidak di penasihat ahli Kapolri," ujar Petrus.

PP Muhammadiyah Resmi Haramkan Rokok Elektrik: Unsur Menjatuhkan Diri Dalam Kebinasaan

Dikatakan Petrus, kegagalan Agus di KPK berikutnya adalah membiarkan lahir dan berkembangnya wadah pegawai yang memiliki kekuasaan yang sangat mengganggu kinerja KPK.

"Dikhawatirkan penyakit yang pernah terjadi di KPK ikut terbawa ke Mabes Polri," katanya.

Gempi Anak Gading dan Gisella Ulang Tahun, Ahok BTP: Om Doakan Gempi Sukses, Tuhan memberkati

"Singkat kata keberadaan Agus sebagai penasehat ahli tidak banyak membantu Kapolri dan institusi Polri. Apalagi pernah melakukan pembangkangan atau insubordinasi terhadap presiden bahkan menggugat presiden dan DPR," pungkas Petrus.

Diketahui, penunjukkan Agus Rahardjo termaktub dalam Keputusan Kapolri Nomor: Kep/117/I/2020 tentang Pengukuhan, Pemberhentian dari, dan Pengangkatan Salam Jabatan Penasihat Ahli Kapolri, tertanggal 21 Januari 2020.

Selain Agus Rahardjo, terdapat 16 nama lainnya yang ditunjuk Polri sebagai penasihat ahli Idham Azis.

Antisipasi Virus Corona, Dinkes Mitra Keluarkan Surat Edaran Waspada

Halaman
123
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved