Nasional

Gangguan Layanan Internet di Kupang, Otomatis di Papua Juga Putus Komunikasi, Penjelasan Anang Latif

Layanan internet di Papua sangat bergantung dengan yang terjadi di Kupang. Ketika internet di Kupang alami gangguan, Papua juga. Ini Penjelasan Anang.

Gangguan Layanan Internet di Kupang, Otomatis di Papua Juga Putus Komunikasi, Penjelasan Anang Latif
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Suasana rapat dengar pendapat Komisi I DPR RI di Aula Hotel Sotis , Kamis 23/1/2020) petang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Papua tergantung Kupang. Maksudnya adalah mengenai layanan internet. Jika terjadi gangguan di Kota Kupang maka kondisi layanan internet di Papua juga akan mengalami gangguan. 

Papua akan mengalami putus komunikasi ketika layanan internet di Kupang alami gangguan. 

Memang layanan internet di Papua sangat tergantung pada layanan optik dari Palapa Ring di Kota Kupang, Provinsi NTT.

Palapa Ring di Kupang merupakan jalur selatan yang bisa menghubungkan Papua dengan Jakarta.

Hal ini disampaikan Direktur Badan aksesibilitas telekominikasi dan informasi (BAKTI), Anang Latif saat mendampingi Komisi I DPR RI memantau Palapa Ring di Batunona, Kota Kupang,NTT, Kamis (23/1/2020).

Menurut Anang, titik yang ada dk Kupang itu dikenal dengan nama Network Operation Center (NOC). NOC ini adalah tempat administrator yang mengawasi, memantau dan mengamankan jaringan komunikasi.

"NOC di Kupang ini juga ibarat sebagai jalan tol atau gerbang tol yang menghubungkan Kupang hingga Papua. Karena itu, kalau ada gangguan pada jaringan di Kupang, maka jaringan komunikasi di Papua akan terputus," kata Anang.

Dijelaskan, bagaimanapun juga Papua pasti terhubung ke Jakarta dari sisi komunikasi. Jaringan tersebut ada yang dari bagian utara dan selatan.

"Jaringan Papua ke Jakarta dari bagian utara melalui Maluku, sedangkan dari bagian selatan melalui Kupang. Karena itu, jika ada apa-apa di Kupang, maka jaringan komunikasi di Papua macet, sehingga harus mencari alternatid melalui jalur utara ,yakni Maluku," katanya.

Karena itu, lanjutnya, titik di Kupang sangat strategis, sebab apabila terjadi gangguan di Kupang, maka otomatis di Papua juga putus komunikasi.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved