Sekda Minahasa Minta Pemerintah Desa Tuntaskan APBDes Guna Pencairan Dandes

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa, mendesak kepada Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan segera tuntaskan APBDes.

Sekda Minahasa Minta Pemerintah Desa Tuntaskan APBDes Guna Pencairan Dandes
Istimewa
Sekda Minahasa Minta Pemerintah Desa Tuntaskan APBDes Guna Pencairan Dandes 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa, mendesak kepada Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan Kabupaten Minahasa, agar segera menyelesaikan evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020, untuk dievaluasi di tingkat Kabupaten.

Hal ini disampaikan langsung Pelaksana Tugas Kepala Dinas PMD Minahasa Jeffry Tangkulung saat dikonfirmasi, Kamis (23/1/2020).

“Kami meminta Pemerintah Desa segera menuntaskan APBDes dan Pemerintah Kecamatan agar secepatnya menyelesaikan evaluasi APBDes, dan segera di serahkan ke Dinas PMD untuk dievaluasi tingkat Kabupaten,” tandasnya.

Lanjut Tangkulung, pihak Kecamatan agar kiranya mendorong Desa-desa yang ada di wilayahnya untuk segera menyelesaikan APBDes tersebut, agar pencairan tahap I tahun 2020 bisa tepat waktu.

Pihak Kacamatan kami minta mendorong Desa-desa yang ada di wilayahnya agar bisa cepat selesai. Tahapan saat ini sudah dalam tahap evaluasi tingkat Kabupaten, namun saat ini masih banyak yang belum tuntas di tingkat Desa dan evaluasi tingkat Kecamatan.

"Makanya kami mendorong agar segera menyelesaikan sebab saat ini masih minim Desa yang memasukkan,” tandasnya.

Menurutnya, Dinas PMD saat ini sudah membuat jadwal evaluasi APBDes tingkat Kabupaten, yang didalamnya melibatkan tim dari lintas instansi seperti, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Bapelitbangda, Inspektorat, Bagian Hukum Sekdakab dan Dinas PMD sendiri.

“Ini dimaksud agar pencairan tahap I bisa cair tepat waktu, dan pekerjaan tidak ada kesan buru-buru dikerjakan. Jadi sekali lagi kami berharap ini menjadi perhatian serius Pemerintah Desa dan Kecamatan,” pungkasnya.

Adapun total Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun 2020 ini berjumlah Rp 242.293.493.500, dengan rincian yakni Dana Desa Rp. 173.163.310.000 dan ADD Rp 69.130.183.500.

 BKD Provinsi Ingatkan Peserta Tes SKD, Suluh: Tidak Ada Lagi Calo

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved