Kasus Kerusuhan Demo

Lutfi Alfiandi Mengaku Dirinya Disika, Polda Metro Jaya Mengelak Hingga Mempersilakan Lapor

Lutfi Alfiandi yang disidang atas kasus kerusuhan demo pelajar di DPR mengaku dianiaya oknum polisi. Polda Metro Jaya mempersilakan dirinya melapor.

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Lutfi Alfiandi (20), pemuda yang fotonya viral sedang menggenggam bendera Merah Putih saat kerusuhan di kawasan DPR, Jakarta, September 2019, tak kuasa menahan tangis usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (8/01/2020) siang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terkait pernyataan Lutfi Alfiandi pada persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang menyatakan dirinya disiksa, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menanggapinya.

Ia mempersilakan terdakwa melaporkan anggota kepolisian yang diduga menyiksa Lutfi.

"Kalau memang enggak terima, ada yang namanya dewan pengawas kami, Propam. Laporkan bila perlu. Nanti akan kami lakukan pemeriksaan," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (22/1/2020).

Namun, Yusri menegaskan tidak ada tindakan penganiayaan terhadap Lutfi.

Menurut Yusri, pemeriksaan terhadap Lutfi sudah dilakukan secara profesional.

"Polri sudah bekerja secara profesional. Silakan saja dia (Lutfi) mau menyampaikan seperti itu (disiksa dengan cara disetrum), silakan saja. Sidang masih berlangsung kita tunggu sampai nanti putusannya. Nanti ada mekanismenya," ungkap Yusri.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Audie S. Latuheru membantah jajarannya telah menganiaya terdakwa kerusuhan aksi pelajar di DPR, Lutfi Alfiandi.

Audie mengaku telah mengecek langsung anak buahnya yang mengamankan Lutfi.

Namun, dia tidak menemukan fakta seperti yang dilontarkan Lutfi saat persidangan, yakni adanya penganiyaan dengan cara disetrum.

"Saya sudah cek ke anak buah. Kejadian (penangkapan Lutfi) kan terjadi pada bulan September (2019). Saya cek, tidak ada kejadian seperti itu (Lutfi disetrum)," kata Audi.

Halaman
12
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved