News Analysis

Robert Winerungan : Identifikasi Apa yang Diimpor Warga Sulut dan Bisa Jadi Peluang Investor

Robert Winerungan, memberikan tanggapan mengenai banyak warga Sulawesi Utara (Sulut) yang menimpor barang dari luar pulau.

Robert Winerungan : Identifikasi Apa yang Diimpor Warga Sulut dan Bisa Jadi Peluang Investor
Istimewa/Dok. Pribadi
Ekonom Unima, Dr Robert Winerungan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Robert Winerungan, pengamat ekonomi dari Universitas Negeri Manado (Unima), memberikan tanggapan mengenai banyak warga Sulawesi Utara (Sulut) yang mengimpor barang dari luar pulau.

"Karena mungkin di domestik tidak ada sehingga warga Sulut itu kebanyakan kita mengimpor barang antar pulau dibandingkan kita mengekspor," katanya, Selasa (21/01/2020).

Ia menambahkan, oleh karena itu di Provinsi Sulawesi Utara perlu ada motivasi bagaimana untuk bisa membuat barang yang dikonsumsi di sini tidak perlu beli antar pulau.

"Jadi identifikasi saja barang-barang apa yang suka diimpor oleh warga Sulut sehingga investor lokal ataupun investor dari luar daerah datang ke Sulut untuk membuat pabrik yang dibutuhkan oleh masyarakat Sulut," jelas Robert.

Lanjut dia, itu peluang juga untuk investor sehingga jika dibuat di Sulut kan barang akan lebih murah dibandingkan mereka harus kirim barang dari luar Sulut ke Sulut.

"Ini dari dulu saya lihat bahwa ekspor impor antar pulau ya antar daerah itu Sulut selalu surplus di impor," tegasnya.

Ia menyatakan, kalau melihat neraca perdagangan antar pulau di statistik tidak pernah minimal balas lalu di sini banyak di impor.

"Oleh karenanya perlu dilihat barang-barang apa sih yang diimpor oleh warga Sulut sehingga bisa diproduksi di dalam Sulut supaya barang itu bisa lebih murah," ujarnya.

Ia menjelaskan, peluanglah bagi investor asing ataupun investor luar untuk datang di Sulut untuk memproduksi di sini.

"Kalau bisa diproduksi di lokal mengapa harus diimpor terutama barang-barang untuk peternakan dan untuk makan ternak kita bisa produksi di sini sebenarnya malah kita impor antar pulau bahkan impor dari luar negeri," ucap pengamat ekonomi tersebut.

Halaman
12
Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved