Nasional

Daerah Ini Dilanda Kekeringan Ekstrem, Dilaporkan Masih Alami Hari Tanpa Hujan, Petani Gagal Tanam

Masih dilaporkan mengalami hari tanpa hujan dan saat ini menjadi daerah yang mengalami kekeringan ekstrem.

Daerah Ini Dilanda Kekeringan Ekstrem, Dilaporkan Masih Alami Hari Tanpa Hujan, Petani Gagal Tanam
kompas.com
Ilustrasi kekeringan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Daerah ini mengalami kekeringan ekstrem. Banyak Lahan pertanian gagal tanam. Masyarakat kesulitan air bersih

Kekeringan itu terjadi di sejumlah kawasan di wilayah Kabupaten Sumba Timur. Disana dilaporkan masih mengalami hari tanpa hujan.

"Sampai saat ini sejumlah daerah di Sumba Timur masih mengalami kekeringan ekstrem. Hujan tidak pernah turun hingga saat ini," ujar Bupati Sumba Timur, Gideon Mbilijora, di Kupang, Jumat (17/1) saat ditanya terkait kondisi wilayah yang dipimpinnya saat ini.

Gideon mengakui beberapa daerah yang mengalami kekeringan ekstrem di kabupaten ujung timur Pulau Sumba itu terjadi di wilayah Kecamatan Umalulu dan Pandawai.

"Beberapa daerah itu belum turun hujan juga sampai sekarang kendati pun beberapa daerah lainnya di Sumba Timur sudah turun hujan dengan intensitas hujan ringan," katanya.

Dikatakannya, akibat kekeringan yang melanda daerah menyebabkan banyak lahan persawahan mengalami kekeringan akibat ketiadaan air.

"Sumber air untuk kebutuhan irigasi pertanian juga mengering sejak terjadi kemarau panjang," katanya.

Masyarakat di dua daerah itu mengalami krisis air bersih akibat sumber air bersih untuk kebutuhan masyarakat juga mengering.

"Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melalui BPBD setempat masih terus mendistribusikan air bersih untuk kebutuhan masyarakat setempat," terang Gidion.

Rp 5 M Tanggulangi Bencana

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved