Dandes Non Tunai Mulai Diterapkan, Bupati JS Ingatkan Kepala Desa 

Artinya, TPK menyampaikan kebutuhan bahan material kepada pihak ketiga selanjutnya pembayaran dilakukan langsung ke rekening pihak ketiga.

Dandes Non Tunai Mulai Diterapkan, Bupati JS Ingatkan Kepala Desa 
ISTIMEWA
James Sumendap 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), tahun ini mulai berlakukan pembayaran non tunai dana desa (Dandes).

Sistem tersebut berlaku sejak awal Januari 2020 ini.

"Terhitung sejak bulan Januari 2020 ini, mekanisme pembayaran bersifat non tunai. Seluruh program kegiatan yang dibiayai dana desa harus melalui pihak ketiga. Dan saya ingatkan, tidak boleh ada lagi kumtua yang mengola Dandes secara tunai," tegas Bupati James Sumendap melalui juru bicara Arnold Mokosolang.

Ada pun sistem pembiayaan non tunai diungkapkan Mokosolang yang juga Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan ini, untuk pola pembayaran bahan atau material harus melalui TPK.

Artinya, TPK menyampaikan kebutuhan bahan material kepada pihak ketiga selanjutnya pembayaran dilakukan langsung ke rekening pihak ketiga.

"Tidak hanya itu, sistem non tunai juga berlaku untuk pembayaran HOC atau upah tenaga kerja. Setiap desa akan menunjuk satu orang asisten bendahara. Nantinya uang akan ditransfer ke nomor rekening asisten bendahara, selanjutnya asisten bendahara yang akan melakukan pembayaran kepada tenaga kerja," jelas Arnold.

Tak itu saja, ditambahkan mantan Camat Tombatu Utara ini, semua sisa material yang tidak terpakai termasuk uang dana desa yang tidak terealisasi hingga 31 Desember 2020, harus di-silpakan dan tidak ada kegiatan kerja lagi pada bulan Januari tahun berikutnya.

"Hal ini bagian dari upaya mewujudkan slogan Mitra Hebat Bergerak Cepat. Artinya semua harus berdasarkan aturan dan taat anggaran,” tukas Arnold sembari menyebutkan tahun ini bupati akan memberikan reward kepada 5 desa terbaik dalam pengelolaan dana desa berdasarkan review Inspektorat dan menyiapkan anggaran sebesar 500 juta. (Ano)

 BREAKING NEWS - Pemuda di Manado Ditikam Hingga Meninggal

Subscribe YouTube Channel Tribun Manado:

 

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved