News

TERNYATA Seperti Ini Perlakuan Terhadap Barang Bukti di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Ini

Beginilah perlakuan barang bukti sepeda motor di Kantor Kejaksaan Negeri, barbuk itu terkait dengan perkara pidana.

TERNYATA Seperti Ini Perlakuan Terhadap Barang Bukti di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Ini
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Staf Kejari Banjar mencuci kendaraan bermotor barbuk. Kegiatan ini dilakukan sepekan sekali. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Setiap kali ada perkara pidana, pasti barang bukti ada yang disimpan di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari).

Seperti yang ada di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). Ada barang bukti kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor. 

Dan begini perlakuan pihak kejaksaan negeri terhadap barang bukti tersebut. 

Penanganan barang bukti (barbuk) perkara pidana yang berada di Kejari terutama yang berupa kendaraan bermotor roda dua, kian diintensifkan.

Setidaknya tiap pekan kendaraan roda dua tersebut dicuci. Tak cuma itu, kendaraan tersebut juga diparkir di tempat berpeneduh serta ditutupi terpal. Seluruhnya juga dirantai di bagian pelek roda belakangnya.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, Jumat sore kemarin, motor-motor berbagai jenis dan brang tersebut terpakir rapi di area belakang kantor Kejari Banjar di kawasan Jalan A Yani, Martapura. Terpal warna cokelat menutup rapat kendaraan tersebut sehingga dari kejauhan tak tampak ada kendaraan.

Ketika terpal tersebut diangkat, terlihat kendaraan-kendaraan yang berada di dalamnya bersih mengkilap. Tak cuma bodi saja, bahkan peleknya pun umumnya mengkilap, termasuk ban luarnya.

"Sudah menjadi kewajiban kami untuk merawat kendaraan bermotor tersebut. Kami berupaya merawat sebaik mungkin," ucap Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan, Kejari Banjar, Andi Akbar Subari, Sabtu (18/1/2020).

Ia menuturkan penanganan intensif tersebut mulai dilakukan sejak awal 2019 lalu. Sebelumnya kendaraan-kendaraan tersebut hanya sebatas diparkir rapi dan di letakkan di tempat beratap (berpeneduh).

Andi mengatakan upaya peningkatan perawatan tersebut juga bertujuan untuk menjaga nilai barang (kendaraan bermotor). "Agar ketika nantinya diputuskan untuk dilelang, nilai jualnya masih tinggi sehingga uang yang masuk ke kas negara juga lumayan," jelasnya.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved