Profesor Aminuddin Ilmar Sebut E2L tak Penuhi Syarat, Mendagri Harus Lantik Welly Titah-Heber Pasiak

Surat Keputusan Mendagri tentang pengangkatan Elly Lasut, Bupati Talaud Terpilih dan pasangannya Moktar Parapaga adalah tidak sah,

Profesor Aminuddin Ilmar Sebut E2L tak Penuhi Syarat, Mendagri Harus Lantik Welly Titah-Heber Pasiak
tribun manado
Pemprov Putuskan Tak akan Lantik  Bupati Talaud Terpilih, Ini Respon Elly Lasut 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Surat Keputusan Mendagri tentang pengangkatan Elly Lasut, Bupati Talaud Terpilih dan pasangannya Moktar Parapaga adalah tidak sah, sehingga harus dicabut dan dibatalkan.

Demikian disampaikan Pakar Hukum Tata Negara Prof Dr Aminuddin Ilmar SH MH

"Secara hukum harus dilakukan proses upaya pencabutan dan pembatalan terhadap surat keputusan tersebut," kata Aminuddin selaku tim ahli Pemprov Sulut dalam rapat ekspose permasalahan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Talaud, beberapa waktu llu.

Pengajar di Universitas Hasanuddin Makassar ini menyampaikan proses penyelenggaraan pemerintahan yang tidak boleh kosong, berhenti dan atau stagnan hanya karena pemangku jabatannya sudah tidak memenuhi syarat sehingga harus dibatalkan pengesahan dan pengangkatannya.

"Kemudian menggantinya dengan pasangan Cabup dan Cawabup Talaud dengan perolehan suara terbanyak kedua yaitu Welly Titah-Hebert Pasiak. (WT-HT)," kata dia.

Maka harus diterbitkan dan ditetapkan Surat Keputusan Mendagri tentang Pengesahan dan Pengangkatan Bupati Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara di mana pemangku jabatannya diambil dari pasangan calon dengan perolehan suara terbanyak kedua.

"Hal tersebut bisa dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Menteri Dalam Negeri dengan berdasar pada kewenangan bebas yang dalam UU Administrasi Pemerintahan Nomor 30 Tahun 2014 disebut dengan atau sebagai sebuah diskresi," ujar Aminuddin.

Gubernur Olly Enggan Lantik Elly Lasut

Gubernur Sulut,  Olly Dondokambey enggan melantik Bupati Talaud Terpilih Elly Englebert Lasut (E2L). 

Ia merasa tak bisa mengabaikan putusan Mahkamah Agung yang membatalkan SK Mendagri yang menyatakan Elly Lasut masih 1 periode. 

Halaman
1234
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved