Berita Mitra

Bupati Tegaskan Bila Dana BOS Mubazir Kembalikan Saja

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi yang tidak sempat terealisasi oleh sejumlah sekolah.

Bupati Tegaskan Bila Dana BOS Mubazir Kembalikan Saja
ISTIMEWA
James Sumendap 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi yang tidak sempat terealisasi oleh sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) sejak 31 Desember 2019 lalu, tak boleh dipakai di tahun anggaran 2020 ini.

Hal tersebut dikatakan oleh Protokol Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Arnold Mokosolang yang menggelar pertemuan hari ini, Jumat (17/01/2020) di ruang kerjanya bersama para awak media.

Informasi tersebut guna meneruskan hal-hal penting yang sempat dibahas dalam rapat koordinasi (rakor) bersama seluruh pejabat lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra pada Kamis (16/01/2020) kemarin di Rimba Lamet, Kecamatan Ratahan.

Kesempatan tersebut, secara tegas JS mengeluarkan larangan bagi seluruh kepala sekolah untuk tidak lagi menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) afirmasi yang diberikn pihak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) per 31 Desember 2019 lalu.

JS mengatakan, jika dana tersebut digunakan, bakal dipastikan para kepsek bakal berhadapan dengan masalah hukum.

Untuk itu, tidak ada lagi Kepsek yang mengerjakan program kegiatan di luar tahun anggaran dengan dana tersebut.

"Kalo ada Kepsek yang menggunakan dana BOS afirmasi yang baru masuk per 31 Desember 2019 itu, mereka bakal dipidanakan. Ini yang saya pertegas mulai tahun ini," tegas Sumendap.

JS menyebutkan, keterlambatan realisasi dana BOS afirmasi merupakan kecerobohan pihak deperteman terkait.

"Ini merupakan kejahatan keuangan namanya, yang salah yah departeman. Ini yang saya persoalkan.

Sangat tidak masuk akal bila anggarannya baru dicairkan per 31 Desember 2019 atau hari terkahir kerja di tahun berjalan.
Itu merupakan hal yang tidakmungkin direalisasikan dalam waktu seperti itu. Sebab jika digunakan tanpa alasan, para kepala sekolah ini bisa masuk penjara semua," sebut Sumendap.

Halaman
12
Penulis: Giolano Setiay
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved