Tabuk Arab Saudi yang Kering Kerontang Tiba-tiba Bersalju, BMKG: Bukti Nyata Perubahan Iklim

Menurut Dodo Gunawan, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, fenomena ini adalah bukti nyata dampak perubahan iklim

Tabuk Arab Saudi yang Kering Kerontang Tiba-tiba Bersalju, BMKG: Bukti Nyata Perubahan Iklim
Kompas.com
Seluruh Tabuk, Arab Saudi sepekan ini telah diselimuti salju. Kawasan tersebut normalnya kering. Foto diunggah pada 10 Januari 2020. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kota Tabuk yang ada di Arab Saudi yang biasanya kering kerontang kini diselimuti salju.

Data menunjukkan, suhu di sana mencapai 4 derajat Celsius.

Diberitakan sebelumnya, ahli meteorologi senior AccuWeather Eric Leister mengatakan, fenomena ini dipengaruhi oleh badai dahsyat dari Eropa Selatan dan Mediterania.

Biasanya Kering, Kota Tabuk Arab Saudi Mendadak Diselimuti Salju, Fenomena Apakah Ini?

"Badai dahsyat terlacak dari Eropa Selatan dan Mediterania ke Timur Tengah pekan lalu. Hal ini membawa udara dingin di Tabuk dan mengakibatkan salju turun," jelas ahli meteorologi senior AccuWeather Eric Leister.

Apakah hanya itu yang menyebabkan salju turun di Arab?

Menurut Dodo Gunawan, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, fenomena ini adalah bukti nyata dampak perubahan iklim.

"Kejadian tersebut menandakan dampak perubahan iklim yang sudah nyata. Peristiwa-peristiwa ekstrem, termasuk salju yang turun di luar kebiasaan tempatnya adalah dampak dari perubahan iklim," kata Dodo kepada Kompas.com, Kamis (16/1/2020).

Dodo menjelaskan, secara musim memang saat ini belahan bumi utara sedang mengalami musim dingin.

Penyebab turunnya salju pada lokasi yang bukan tempat permanen menandakan suhu pada lapisan atmosfer lebih dingin dari biasanya.

"Sehingga awan-awan cenderung turun dalam keadaan masih berbentuk salju, karena kondisi udaranya yang dingin" jelas Dodo.

Halaman
12
Editor: Finneke Wolajan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved