Info CPNS 2020

Pelamar CPNS Penyandang Disabilitas Tak Perlu Khawatir Akan Pelaksanaan Tes SKD

Kepala Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Manado memberikan imbauan terkait persiapan pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar.

Pelamar CPNS Penyandang Disabilitas Tak Perlu Khawatir Akan Pelaksanaan Tes SKD
TRIBUN MANADO/DEWANGGA ARDHIANANTA
Nikodemus Pattinama, penyandang disabilitas tunanetra, mengikuti tes simulasi SKD di BKN Wilayah Kantor Regional IX Manado, Senin (13/01/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepala Kantor Regional XI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Manado memberikan imbauan terkait persiapan pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi instansi yang ada pelamar penyandang disabilitas dan juga bagi penyandang disabilitas.

"Jadi untuk instansi daerah yang ada pelamarnya disabilitas supaya mempersiapkan dan menyampaikan kepada kami data rincian jumlah dan jenis disabilitas," kata Wakiran SH MH, Kepala BKN Kantor Regional XI Manado, Kamis (16/01/2020).

Ia menambahkan, hal ini sebenarnya bertujuan untuk mengantisipasi sarana dan pendukung apa yang perlu disiapkan.

"Pendamping pasti kami siapkan tetapi sarana misalnya dia harus perlu headset, nah itu juga harus disiapkan dan kami perlu identifikasi itu," jelasnya.

Lanjut dia, kepada masing-masing instansi akan diwajibkan untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk berkebutuhan khusus tadi itu apa saja.

"Kalau tenaga pendamping pada saat pelaksanaan tes kami akan siapkan tetapi pendamping pada saat menuju ke ruang tes yang mendampingi adalah instansi yang bersangkutan," tutur Wakiran.

Selain itu, bagi penyandang disabilitas ya mungkin laksanakan dengan baik dan kemudian komunikasikan via instansi setempat.

Selanjutnya, bahkan bila perlu menyampaikan kalau belum diidentifikasi oleh instansi yang bersangkutan sampaikan bahwa kebutuhannya apa supaya bisa diantisipasi sebelumnya.

Kemudian, diharapkan jangan kuatir karena di dalam pelaksanaan tes sudah ada tim khusus yang menangani penyandang disabilitas.

"Baik tempat karena terutama tempat gitu ya dan tim yang akan menangani itu karena tempat pelaksanaan tes untuk disabilitas akan kita buat secara khusus," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved