Berita Mitra

Instansi Terkait Diminta Tuntaskan Kasus Illegal Loging di Mitra

Kasus illegal loging di Kecamatan Ratotok yang diduga melibatkan oknum legislator Mitra mengendap di Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)

Instansi Terkait Diminta Tuntaskan Kasus Illegal Loging di Mitra
Tribun Manado / Giolano Setiay
Vidi Ngantung 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kasus illegal loging di Kecamatan Ratotok yang diduga melibatkan oknum legislator Mitra mengendap di Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gema Mitra Vidi Ngantung, angkat bicara.

Ngantung menyebutkan, kasus illegal loging di wilayah itu seakan-akan ditutup-tutupi oleh dinas terkait.

"Kan ini kasus dari 2019 lalu, sekarang sudah tahun 2020. Masa belum juga selesai ditangani, ada apa dengan dinas terkait," tegas Ngantung saat dikonfirmasi kembali hari ini Kamis, (16/1/2020).

Ambil Motor Tilang Anda, Bawa Syarat Ini ke Kantor Polisi

Untuk itu, kami mengawal nama masyarakat Mitra secara terang-terangan mendesak Dinas Kuhutanan untuk menutaskan kasus tersebut, agar membuat jera oknum-oknum yang suka melakukan illegal loging karena sangat tidak bertanggungjawab.

"Saya berharap secepatnya ada proses lanjut terkait kasus tersebut. Hal ini agar supaya publik tahu siapa pelakunya yang sebenarnya. Apa lagi kegiatan illagal loging itu, masuk dalam hutan lindung," tukasnya.

Sosok yang dikenal kritis terhadap masalah sosial ini, turut menegaskan jika kasus ini tak kunjung diselesaikan dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan gerakan.

Polisi Gelar Operasi Lalu Lintas di Tugu Zero Point, AKP Bulasa: yang Protes Tak Mengerti Aturan

"Ya kalau tidak jelas penanganan kasus illegal loging ini, saya dan masyarakat akan melakukan demo di provinsi dalam waktu dekat ini. Kita harus tegas, jangan sampai kasus ini dibiarkan mengendap dan tak ada kejelasan," tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulut Boy Tumiwa membantah, jika kasus tersebut mengendap di pihaknya.

"Tetap kasus ini berjalan. Bahkan sudah masuk tahap penyidikan," ungkap Tumiwa saat dikonfirmasi kemarin (15/1/2020).

Mirnawati Akui Main dengan Bupati Boven Digoel Benediktus Sebelum Meninggal di Hotel

Kadis juga menyebut, sudah bekerja dengan Gakum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan mereka sementara turun lapangan bersama tim untuk mencari data dan keterangan lebih.

"Jadi kami masih mencari saksi-saksi, karena saksi itu hanya pekerja dan dia tahu soal illegal loging itu, terus siapa-siapa saja dalangngya. Kami pastikan proses hukum tetap jalan, karena sebelumnya pada (Selasa 14/01) tim sudah turun ke lapangan.

Kami tetap usut terus dan kami tak main-main tehadap kasus illegal loging ini, makanya kami sudah kerja sama dengan Gakum kan. Dan kami akan mencari siapa oknum yang memerintahkan itu, dan siapa yang mengakui lahan itu miliknya. Sebab, itu masuk kawasan hutan lindung," tutupnya. (Ano)

Digugat Korban Banjir 42 Miliar, Segini Jumlah Kekayaan Anies Baswedan, Punya Utang 5.4 Miliar

Penulis: Giolano Setiay
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved