Berita Sangihe

Satgas Poltekkes Kemenkes Manado Lakukan Giat Misi Kemanusiaan di Sangihe

Satgas melaksanakan misi Kemanusiaan di lokasi bencana Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Kampung Lebo, Kecamatan Manganitu, Sangihe

Satgas Poltekkes Kemenkes Manado Lakukan Giat Misi Kemanusiaan di Sangihe
Istimewa
Satgas Poltekkes Kemenkes Manado Lakukan Giat Misi Kemanusiaan di Sangihe 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Satgas Poltekkes Kemenkes Manado telah dibentuk dari 2018 lalu.

Pembina Satgas, Direktur Poltekkes Kemenkes Manado Dra Elisabeth N Barung.

Satgas melaksanakan misi Kemanusiaan di lokasi bencana Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Kampung Lebo, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulut.

Rombongan yang dipimpin Ketua Satgas Ns Joice M Laoh, tiba di Sangihe, Sabtu (11/1/2020) pagi.

"Selama berada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, dengan turun lapangan di tiga posko bencana alam, yaitu Posko Lebo, Posko Belengang dan Posko Upel, kami memberikan bantuan berupa baju bekas yang bisa dipergunakan," ujar Laoh, Rabu (15/1/2020) tadi.

Sumampow Cs Gelar Aksi, Berikan Jamu Anti Diare untuk KPK

Bukun hanya itu, lanjutnya, mereka juga memberikan sembako dan obat-obatan, serta pemberian makanan tambahan dan memberikan 25 buah closed, yang diserahkan di tiga posko.

"Di Posko Lebo ada 14 buah, Posko Belengang ada 4 buah dan Posko Ulu Peliang ada 7 buah. Kegiatan ini langsung kami lakukan saat tiba di sana," katanya.

Dijelaskannya juga, pada hari ke dua mereka di sana yaitu Minggu (12/1/2020), mereka melakukan ibadah bersama dan sumbangan dalam bentuk uang yang diberikan kepada keenam gereja, di ketiga posko tersebut.

Gubernur: Jika Elly Lasut Dilantik Jadi Bupati 3 Periode, Olly Tunggu Keputusan Mendagri

"Di Desa Lebo ada 4 Gereja, Desa Belengang 1 Gereja dan Desa Ulu Peliang 1 Gereja, selain itu dilakukan juga trauma healing pada anak-anak dan kelompok," ucapnya.

Lanjutnya, pada hari Senin (13/1/2020), rombongan melakukan pelayanan kesehatan dengan pengobatan cuma-cuma, yang berkolaborasi dengan Dinkes Kabupaten.

"Pembuatan jamban di desa Ulu Peliang, Kecamatan Tamako, yang merupakan inisiatif dari Satgas kami, " akunya.

Dikatakannya juga, Selasa (14/1/2020), tima mereka melakukan pengobatan gratis di Desa Belengang dan Lebo dan juga phsycososial (trachoma healing) ke anak-anak sekolah dan homevisit di Belengan dan Lebo.

Hillary Lasut: Kita Tunggu Gubernur Jalankan Kewajiban Hukum, Pakar Hukum: E2L-MAP Harus Dilantik

"Rabu (15/1/2020) tadi, kami kembali ketiga Desa tersebut, untuk memberikan phsycososial (trachoma healing) dan monitoring terhadap anak-anak, orang tua dan Lansia untuk phsycososial (trachoma healing)," ucapnya.

Tambahnya, mereka juga memberikan sumbangan berupa uang terhadap salah satu Mahasiswa Keperawatan Gigi, yakni Gracia Horimu, yang rumah Keluarganya habis dibawa banjir bandang.

"Secara keseluruhan semuanya, dilakukan dengan baik dengan pencapaian target utama yang disesuaikan dengan tema dari SATGAS kami "Penanganan kegawatdaruratan Phsycososial dibarak pengungsian Desa Lebo, Desa Belengang dan Desa Ulu Peliang pasca banjir bandang", " tegasnya. (Juf)

Turis Rusia Terkesima Spot Selam di Bolsel, Evgeny Yakusevich Tak Temukan Illegal Fishing

Penulis: Jufry Mantak
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved