Berita Terkini

Pemerintah Iran Umumkan Penangkapan 30 Tentara Terkait Penembakan Pesawat Ukraina

Sebanyak 30 tentara dilaporkan telah ditangkap oleh Aparat penegak hukum Iran. Mereka ditangkap terkait insiden salah tembak.

Pemerintah Iran Umumkan Penangkapan 30 Tentara Terkait Penembakan Pesawat Ukraina
dailymail.co.uk/DPA
Petugas Palang Merah mengevakuasi jenazah para korban pesawat komersial Ukraine yang ditembak jatuh Iran. 

TRIBUNMANDAO.CO.ID - Sebanyak 30 tentara dilaporkan telah ditangkap oleh  Aparat penegak hukum Iran.

Mereka ditangkap terkait insiden salah tembak yang mengakibatkan jatunya pesawat Boeing 737 milik Ukraine International Airlines.

Penangkapan terduga pelaku salah tembak pesawat Ukraina tersebut diumumkan Pemerintah Iran di tengah aksi unjuk rasa di negara itu.

"Seluruh penyelidikan sedang dilakukan, dan penangkapan sejumlah orang sudah dilakukan terkait proses tersebut," terang pihak berwenang Iran, yang diwakili Gholamhossein Esmaili, Selasa (14/1/2020), dikutip dari CNN.

Insiden jatuhnya pesawat Ukraina ini terjadi pada 8 Januari 2020. 

Pesawat tersebut meledak di langit Iran setelah lepas landas di Bandara Imam Khomeini.

Insiden itu terjadi setelah Iran menyerang dua pangkalan AS dan sekutunya di Irak, sebagai balasan atas terbunuhnya jenderal Qasem Soleimani.

Kanada maupun AS sama-sama menyatakan, pesawat Ukraina Boeing 737 itu jatuh dan menewaskan 176 orang setelah ditembak rudal Iran.

Sementara otoritas Ukraina menuturkan, dia meyakini misil yang menghantam Ukraine International Airlines adalah sistem pertahanan buatan Rusia.

Sempat membantah dan yakin mereka tak menjatuhkan pesawat Boeing 737, Teheran akhirnya mengakui mereka tak sengaja pada Sabtu (11/1/2020).

Halaman
12
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved