Editorial Tribun Manado

Peluang dari KEK Likupang

Ini akan menjadi proyek prestisius, bukan karena anggarannya, melainkan dampaknya yang dapat dirasakan pada era dan generasi-generasi selanjutnya.

Peluang dari KEK Likupang
Istimewa
Jokowi Tinjau Lokasi KEK Likupang 

TRIBUNMANADO.CO.ID - PETA jalan (roadmap) pariwisata Sulawesi Utara semakin menunjukkan arah yang jelas. Hal ini setelah Presiden Joko Widodo menyetujui penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 84 Tahun 2019.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menyerahkan PP tersebut kepada Gubernur Olly Dondokambey yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sulut Henry Kaitjily di Jakarta, 6 Januari 2020 lalu.

Kata Susiwijono, pengembangan KEK bertujuan meningkatkan investasi, menciptakan lapangan pekerjaan dan membuat model terobosan pengembangan kawasan melalui pengembangan industri dan jasa pariwisata bertaraf internasional.

Untuk mewujudkannya, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, di antaranya pemerintah pusat, pemerintah daerah (pemda), serta masyarakat sekitar KEK tersebut berada. Dukungan itu harus terencana, terintegrasi, dan dilaksanakan secara berkesinambungan.

Pemda sebagai penerima manfaat terbesar dalam pengembangan KEK diharapkan memiliki komitmen kuat mendukung pengembangan dengan memberikan berbagai fasilitas dan kemudahan untuk berinvestasi di kawasan.

Pada lahan KEK Likupang akan dikembangkan resort, akomodasi, entertainment dan MICE. Di luar area KEK akan dikembangkan pula Wallace Conservation Center dan yacht marina. Untuk pembangunannya, diperlukan investasi senilai Rp 164 miliar.

VIDEO Penangkapan Raja dan Ratu Kerajaan Agung Sejagat, Istana Digeledah

Namun, setelah KEK ini terwujud target investasi pelaku usaha dalam tiga tahun pertama ditargetkan mencapai Rp 750 miliar. Selain itu, diperkirakan tenaga kerja yang terserap sebanyak 65.300 orang.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw menyebut, KEK Likupang akan betul-betul menjadi daya ungkit terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan pekerjaan, pengurangan kemiskinan berujung kemakmuran rakyat.

"Penetapan KEK Pariwisata Likupang ini semakin menunjukkan roadmap pariwisata Pak Gubernur direspons positif pemerintah pusat. Makin melegitimasi RPJMD dengan skala prioritas pariwisata," kata Wagub.

Bupati Talaud Terpilih Minta Pendukung Bersabar, Kandouw: Mendagri Cari Jalan Keluar

Kini, setelah semua rencana sudah mendapat restu pemerintah pusat, kita menantikan upaya-upaya selanjutnya pemerintah mewujudkannya. Jelas hal ini akan menjadi proyek prestisius, bukan karena anggarannya, melainkan dampaknya yang dapat dirasakan pada era dan generasi-generasi selanjutnya.

Bayangkan, potensi wisata di Likupang akan menjadi daerah wisata yang terkenal, yang akan menyamai daerah-daerah wisata internasional. Sudah pasti, hal ini akan memberi dampak yang begitu besar untuk daerah ini, terlebih untuk warga Sulawesi Utara.

Kita berharap peluang ini sungguh-sungguh terwujud, menjadi bukti keseriusan pemerintah untuk membawa daerah dan masyarakat lebih sejahtera. Hanya saja, perlu pula dipersiapkan sumber daya manusianya agar warga setempat tidak hanya menjadi penonton di daerah sendiri. (*)

Nama-nama Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Jiwasraya

Pemilik Nomor Punggung 10 di PSMS Medan Berpindah ke Sulut United

Awas, Sering Kentut dan Bersendawa Bisa Bahaya pada Jantung Anda

Editor: maximus conterius
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved